Sukses

Parenting

7 Cara Efektif Menstimulasi Otak Anak untuk Mengoptimalkan Kecerdasannya, Terapkan Mulai Dari Sekarang!

Fimela.com, Jakarta Otak adalah pusat pengendali pikiran, ingatan, emosi, dan kecerdasan seseorang. Pada masa kanak-kanak, otak berkembang dengan sangat cepat, sehingga peran orangtua dalam menstimulasi otak anak menjadi sangat penting. 

Seperti yang Sahabat Fimela ketahui, kecerdasan adalah kunci untuk meraih masa depan yang cerah. Semua orangtua tentu menginginkan kesuksesan bagi anak-anak mereka. Oleh karena itu, sangat mulailah menstimulasi otak anak sejak dini.

Berikut tujuh cara yang bisa orangtua terapkan untuk membantu menstimulasi otak mereka. Melansir dari MedicineNet. Dibaca sampai habis ya!

1. Biarkan Buku Menjadi Sahabat Terbaiknya

Membaca adalah indikator besar keberhasilan sekolah yang menstimulasi otak, membangun basis pengetahuan tentang dunia, dan bertindak sebagai landasan semua pembelajaran di masa depan, termasuk matematika dan sains. Orangtua bisa membuat perpustakaan pribadi di rumah yang berisikan harta karun buku, menarik bukan? Cara ini bisa menumbuhkan minat baca mereka. Jangan lupa, untuk meluangkan waktu membaca bersama si kecil.

2. Seringlah Berkomunikasi dengan Si Kecil 

Berbicara dengan buah hati menjadi kunci untuk menstimulasi otak mereka. Ajukan beberapa pertanyaan terbuka anak yang dapat membantu mereka mengembangkan opini dan pemahaman diri. Sebagai orangtua, luangkan waktu untuk sekedar membaca bersama atau mengobrol hal kecil. Selain mempererat hubungan keluarga, hal ini akan membantu pengembangan otak mereka. 

3. Rangsang dengan Mainan yang Sesuai Usianya

Sebelum memperkenalkan mainan, analisislah apakah sesuai dengan kemampuan anak. Mainan tepat akan membangkitkan minat dan merangsang mereka serta menjadi alat pendidikan yang sangat baik. Cobalah untuk memberikan mainan berupa puzzle, balok susun, atau lego yang bisa menstimulasi perkembangan otak si kecil. 

4. Lakukan Rutinitas Olahraga dan Aktivitas Fisik 

Latihan fisik akan membuat anak kuat dan sehat secara fisik dan mental. Tak hanya itu, kegiatan ini bisa membangun sel-sel otak dan meningkatkan aliran darah ke otak. Orangtua bisa menghabiskan waktu berolahraga bersama saat hari weekend.

5. Berikan Makan Makanan yang Bergizi dan Ramah Otak

Makanan berperan penting dalam pertumbuhan anak. Untuk itu, orangtua bisa memberikan asupan gizi yang baik. Makan dengan lebih cerdas untuk kesehatan otak yang lebih baik dimulai sejak dalam kandungan dan berlanjut setelahnya. Telur, sayuran berdaun hijau, buah-buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber yang kaya vitamin IQ dan mineral yang diperlukan untuk perkembangan kesehatan anak. 

6. Dorong Rasa Ingin Tahu dan Biarkan Si Kecil Menjelajah 

Anak-anak prasekolah pada dasarnya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Namun, kecenderungan tersebut akan berkurang seiring bertambahnya usia jika orangtua tidak memperhatikan dan didorong secara teratur. Merencanakan pengalaman, seperti perjalanan ke museum, acara olahraga, atau menonton film, akan membantu orangtua menemukan kesukaan dan menginspirasi diskusi baru. 

7. Habiskan Waktu Bersama 

Menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan anak dapat memberikan hasil yang besar. Seperti mempererat ikatan keluarga dan meningkatan pertumbuhan mental. Jangan memaksa anak untuk mengikuti minat si kecil. Lalu, jangan biarkan mereka terlalu menghabiskan waktu di depan layar ponsel atau televisi, karena ini akan memperlambat perkembangan otak mereka. 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading