Sukses

Relationship

Dengarkan Instingmu, Ini 5 Tanda Pasangan Abusive yang Perlu Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalin sebuah hubungan pastinya kita ingin memiliki hubungan yang langgeng dan harmonis. Kita ingin memiliki pasangan yang sehati dan bisa sama-sama diajak melangkah untuk menjalani hidup yang lebih baik. Namun, bagaimana kalau ternyata pasangan yang selama ini bersamamu ternyata abusive?

Pasangan abusive mengacu pada pasangan yang kasar dan pemaksa. Bahkan kadang sikap manipulatif yang membuatmu tak berdaya. Mengutip buku Life as Divorcee, kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi pasangan abusive kalau kamu tahu apa yang harus diidentifikasi. Mendengarkan insting sendiri bisa jadi langkah awalnya. Bila pasanganmu menunjukkan tanda-tanda ini, waspadai dia sosok yang abusive yang bisa membuat hubungan jadi toxic.

1. Dia Membuatmu Tak Bisa Menolak

Kamu nggak pernah bisa bilang nggak. Kamu tak bisa menolak. Pasangan abusive akan memaksamu menuruti semua kemauannya. Apa pun akan dilakukannya untuk membuatmu tak bisa menolak. Bahkan kamu sendiri kadang bingung kenapa kamu tak bisa menolak hal yang sebenarnya tak kamu inginkan atau sukai demi dirinya. Sebab dia punya tipu muslihatnya sendiri untuk memanipulasimu.

2. Dia Membuatmu Kehilangan Kendali atas Hidupmu Sendiri

Sebagai contoh, dia selalu mengecek ponselmu. Selalu menanyakan siapa saja yang kamu hubungi melalui ponselmu. Bahkan dia mengatur semua aspek kehidupanmu. Sampai-sampai kamu kehilangan kendali diri atas kehidupanmu sendiri. Saat kamu sudah kehilangan hak atau kendali atas privasimu sendiri, waspadai dia mungkin bukan pasangan yang tepat untukmu.

3. Dia Selalu Mengkritik dan Merendahkanmu

Semua pencapaian yang kamu punya tak pernah ia apresiasi. Malah dia selalu mencari kesalahan dan keburukanmu. Dia selalu mengkritikmu, bahkan ketika hanya berduaan saja dia tak pernah menghargai keberadaanmu. Selain selalu merendahkanmu, dia akan mengagung-agungkan atau meninggikan dirinya sendiri.

4. Dia Membuatmu Terkucil dari Orang-Orang Terdekatmu

Baginya, kamu hanya miliknya seorang. Saat kamu ingin menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekatmu, dia selalu melarang dan mencegahmu. Jika ada orang yang tak menyukai hubungan kalian, dia langsung menjelek-jelekkan orang tersebut. Ketika kamu semakin jauh dari orang-orang terdekatmu seperti keluarga dan sahabat karena dirinya, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan perlu tidaknya mempertahankan hubungan yang ada.

5. Dia Menyakitimu

Awalnya mungkin hanya menyakiti dengan sindiran. Lalu, dia mulai pakai kata-kata kasar. Sampai ketika kamu mencoba untuk melawan, dia menyakitimu secara fisik. Kalau pasangan sudah mulai menyakiti, ada baiknya untuk langsung mengutamakan keamanan dan keselamatan dirimu. Bagaimanapun, kamu berhak bahagia dalam menjalani sebuah hubungan.

Semoga kamu bisa menemukan pasangan yang tulus mencintaimu, ya. Semoga hubungan yang dijalani terbebas dari tindak kasar baik secara verbal maupun fisik.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading