Sukses

Relationship

Hindari 4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Hubungan

Fimela.com, Jakarta Tidak ada sebuah hubungan yang berjalan mulus tanpa masalah dan tantangan. Agar sebuah hubungan dapat melalui masalah dan tantangan yang muncul, dibutuhkan kerja sama pihak yang sedang menjalin hubungan.

Berbagai hal, kegiatan, perilaku, sikap, bahkan kebiasaan pihak yang bersangkutan dapat memengaruhi perjalanan sebuah hubungan. Akan bagus jika kedua belah pihak yang menjalin hubungan dapat saling mengerti dan melengkapi kekurangan satu sama lain. Tetapi, ada pula berbagai hal, kegiatan, perilaku, sikap, dan kebiasaan pasangan yang tidak bisa dimengerti karena dapat merusak sebuah hubungan.

Berikut adalah 4 kebiasaan pasangan yang dapat merusak hubungan.

1. Membandingkan pasangan dengan orang lain, termasuk mantan

Tidak ada pengalaman putus hubungan yang tidak menyakitkan. Rasa sakit yang timbul dari pengalaman putus hubungan harus segera disudahi jika ingin membangun dan menjalin hubungan yang baru. Jika pasangan belum lepas dari rasa sakit tersebut, maka ia akan terus terbayang tentang hubungan dan mantan pasangannya di masa lalu saat sedang menjalin hubungan dengan dirimu. Pasanganmu perlu mengingat bahwa setiap orang berbeda dan layak dicintai sebagai dirinya sendiri.

2. Membiarkan rasa cemburu mengambil alih

Saat pasangan bertindak dan mengambil keputusan karena dipengaruhi rasa cemburu, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh baik pada hubungan yang tengah kalian jalin. Rasa cemburu adalah perasaan yang sangat normal dan wajar dirasakan oleh seseorang terhadap pasangannya. Tetapi, jangan sampai rasa cemburu tersebut mengambil alih sikap dan perilaku seseorang. Saat merasa cemburu, akan lebih baik jika seseorang mampu mengelola dan menyampaikan rasa cemburu tersebut kepada pasangannya agar tercipta hubungan yang sehat dan rasa saling mengerti.

3. Tidak berada disismu

Aspek ini tidak berlaku bagi pejuang hubungan jarak jauh, ya! Kebiasaan ini pun tidak selalu merujuk pada kehadiran fisik pasangan. Saat kamu mengalami hal yang menyenangkan ataupun menyedihkan, kamu tentu berharap akan ada seseorang yang berada disisimu untuk mendengarkan berbagai keluh kesah dan ceritamu. Kamu berharap pasangan dapat menjadi ‘rumah’ untuk pulang. Tetapi, saat ia tidak bisa menyempatkan waktu atau berusaha hadir disisimu, hal tersebut tentu dapat berdampak buruk pada jalannya sebuah hubungan karena akan terbentuk jarak antara dirimu dan pasangan secara perlahan-lahan.

4. Berbohong

Kebiasaan berbohong dalam sebuah hubungan tidak akan membuat hubungan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Saat pasangan berbohong, entah itu untuk alasan baik ataupun buruk, hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa kurangnya kepercayaan diantara kalian berdua. Masalah kepercayaan yang dimiliki oleh pasangan tentu akan berdampak buruk pada hubungan yang sedang dijalin. Oleh karena itu, kepercayaan dan keterbukaan adalah salah satu kunci utama sebuah hubungan yang sehat dan bertahan lama. Sebagai pasangan, kalian berdua akan mengalamai dan menghadapi berbagai hal bersama. Jadi, percayalah satu sama lain dan jangan biasakan kebiasaan berbohong, ya!

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading