Sukses

Relationship

5 Tanda Kamu Memiliki Hubungan Sehat dengan Orang yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Hubungan asmara akan selalu diliputi momen bahagia dan mengharukan. Kebahagiaan tidak selalu dirasakan tiap pasangan. Baik konflik atau bosan dalam hubungan pasti pernah terjadi. Meski demikian, beberapa hubungan dapat dikatakan sehat bila pasangan mampu bertahan, memiliki ikatan emosional, hingga sama-sama berkembang. Tidak semua orang dapat merasakan hubungan sehat karena membangun hubungan sehat perlu perjuangan untuk memperbaiki diri menjadi baik lebih dulu. Meskipun sudah baik pun beberapa orang tidak beruntung karena bersatu dengan orang yang salah.

Hubungan sehat, berkembang, dan penuh cinta memang menjadi impian. Apalagi ditengah banyaknya kabar perselingkuhan hingga kekerasan oleh pasangan. Memiliki pasangan yang tepat dalam hubungan yang sehat terasa seperti anugerah. Lalu seperti apa tanda kamu memiliki hubungan sehat dengan pasangan yang tepat? Simak berikut ini dilansir pada Mindbodygreen.

1. Mampu Mengatakan Hal Sensitif, Bahkan yang Ditakuti

David Schnarch sebagai psikolog mengatakan dalam bukunya yang berjudul "Passionate Marriage" bahwa mampu mengatakan hal sensitif pada pasangan adalah tanda hubungan sehat. Banyak orang menyembunyikan kebenaran karena tak ingin pasangan marah atau pergi meninggalkannya. Bukan menghormati pasangan, tindakan ini justru tanda seseorang salah menjalani hubungan. Bila kamu bertindak sebaliknya dengan mampu jujur pada hal sensitif sekali pun, maka keberanian menjadi sinyal hubunganmu sehat dengan orang yang tepat.

2. Mendapat Kedamaian

Hubungan sehat tentu membuat hati lebih tenang. Bukan karena tidak ada konflik, namun kedewasaan dalam menyikapi berbagai situasi bersama pasangan. Hal kecil seperti lupa memberi kabar pada pasangan bahkan tidak akan menganggumu lagi. Kamu dan pasangan sadar bahwa kesalahan kecil akan kerap dilakukan tiap orang. Kedewasaan ini akan memberi ketenangan dan rasa nyaman dengan pasangan.

3. Merasa Utuh dan Saling Melengkapi

Pasangan itu tidak harus sempurna , namun mampu melengkapi satu sama lain. Beberapa orang akan merasa utuh dengan keberadaan pasangannya. Hal ini karena hubungan sehat yang membuat keduanya merasa cukup satu sama lain. Bila kamu merasakan hal ini, bukan hanya memberi rasa nyaman namun hubungan akan terhindar dari konflik perselingkuhan.

4. Komunikasi Baik

Meski komunikasi bukan satu-satunya pijakan untuk memperkuat komitmen, namun komunikasi adalah jalan menuju hubungan sehat. Tanda ini dapat dirasakan melalui merasa didengarkan, dipahami, dan dihargai.

5. Tidak Saling Menyalahkan

Bila terjadi konflik dalam hubungan, mencari jalan keluar dengan diskusi tanpa saling menyalahkan adalah tanda hubungan sehat. Tidak peduli siapa yang salah, pasangan dalam hubungan sehat sadar bahwa menyelesaikan masalah lebih penting daripada mencari siapa yang salah. Tindakan ini juga bentuk kedewasaan mental dari pasangan.

Hubungan sehat tidak terjadi dalam semalam. Tentu butuh usaha untuk mengembangkannya. Mulailah dari membangun komunikasi sehat dengan pasangan dan terima kekurangan satu sama lain.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading