Sukses

Info

BMKG Rilis Peringatan Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat. Hujan lebat ini diperkirakan disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Melalui situs resminya, BMKG di Jakarta menyebut potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Riau, Bengkulu, Lampung, dan Banten. Kondisi ini juga diperkirakan akan terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Di Jakarta sendiri diprediksi akan terjadi hujan disertai petir dan angin kencang.

 

Potensi hujan disertai petir

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakut, Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan Jaktim pada sore dan malam hari," tulis BMKG dalam situs resminya, pada Jumat (23/7/2021).

BMKG menjelaskan terjadinya hujan lebat ini diakibatkan adanya sirkulasi siklonik terpantai di Samudra Hindia sebelah barat Sumatera. Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Jawa Brat hingga Lampung dari Papua.

 

Waspadai kebakaran hutan

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi klonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BMKG meminta masyarakat yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur untuk mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan.

Simak video berikut ini

#elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading