Sukses

Lifestyle

Perhatikan Hal Ini Saat Merencanakan Pernikahan di Luar Kota

Jakarta Banyak alasan yang membuat calon pengantin memilih merencanakan pernikahan di luar kota dari mulai daerah kediaman orangtua atau hanya karena memiliki tempat yang menjadi impian untuk melangsungkan pernikahan. Tidak perlu takut repot, asalkan kamu teliti dan memperhatikan hal-hal di bawah ini:

 1. Surat Pernikahan

Ketika memutuskan untuk menikah di luar kota, kamu harus ingat bahwa mempersiapkan surat- surat sebagai syarat pencatatan pernikahan juga sama pentingnya dengan mempersiapkan hal-hal bersifat fisik lainnya seperti gaun pernikahan. Jika menggunakan KUA, sebaiknya hubungi terlebih dahulu KUA di daerah tempatmu tinggal untuk meminta rekomendasi melaksanakan pernikahan di wilayah KUA di kota yang dituju. Persiapan ini dimulai dari mempersiapkan surat-surat melalui Ketua RT tempatmu tinggal, Fimelova.

 

2.  Gaun Pengantin

Saat memilih gaun pengantin, pertimbangkan waktu dan keadaan iklim yang mungkin terjadi di hari pernikahan kamu. Mengenakan gaun berat atau kebaya tradisional lengkap dengan mahkota yang berat di kepala tidak akan membuatmu bergerak fleksibel di pantai. Mengenakan material tipis untuk pernikahan yang akan diselenggerakan di daerah dataran tinggi juga akan membuat Anda tersiksa karena kedinginan. Jadi jangan lupa menyesuaikan kondisi di daerah dengan dress yang akan kamu, pasangan dan keluarga kenakan ya.

 

3. Transportasi

Saat akan menerbangkan keluarga dan tamu yang akan kamu tanggung biayanya, cari informasi sebanyak mungkin mengenai paket group travelling untuk menghemat. Jangan lupa untuk mencantumkan notifikasi dalam undangan pernikahan, mengenai tanggal resepsi pada tempat yang paling jelas. Hal ini untuk memastikan tamu sudah benar-benar mempersiapkan waktu keberangkatan ke hari pernikahan. Para tamu dipastikan akan mengeluarkan effort yang lebih banyak saat menghadiri pernikahan di luar kota.

 

4. Survey

Sebelum melakukan pengecekan lokasi di luar kota, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu pilihan tempat pesta pernikahan yang tersedia. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya. Kamu juga harus menghubungi vendor yang bersangkutan untuk menanyakan ketersediaan waktu dan biaya yang dibutuhkan. Jika sudah memiliki beberapa opsi, maka saatnya kamu mendatangi lokasi tersebut untuk memastikan pilihan dan melakukan seleksi.

 

5. Diskusikan jumlah undangan dan siapa saja yang diundang

Kota tujuan yang kamu dan pasangan pilih mungkin memiliki kenangan tersendiri bagi kalian. Namun hal ini belum tentu terjadi pada tamu-tamu yang diundang. Mereka harus mempertimbangkan biaya dan waktu yang harus dikorbankan. Jangan lupa libatkan keluarga dan teman-teman terdekat untuk memberikan masukan pada lokasi pilihan kamu, ya. 

 

6.  Minta Bantuan

Bantuan dari wedding planner yang berada di kota tujuan menjadi penyelamat bagi hal yang sudah kamu rencanakan. Hindari mengerjakan semuanya sendiri. Orang-orang yang tinggal di kota yang kamu tuju tentu akan lebih memahami situasi serta peraturan hukum atau budaya setempat, Fimelova. 

 

Penulis: Aulia Fitrisari

Foto: Michael Radford Photography

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading