Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenang Menyikapi Perasaan Hilang Arah dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Perasaan hilang arah dalam hidup bisa menghampiri dalam fase tertentu perjalanan hidup kita. Saat ada prioritas hidup yang berubah atau masalah baru yang muncul, biasanya kita merasa tak tahu lagi harus melangkah ke mana. Situasi ini pun bisa membuat kita tertekan.

Agar tidak overthinking menyikapi perasaan tersebut, ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan. Cara-cara ini bisa jadi semacam "pertolongan pertama" yang bisa diupayakan agar hati bisa lebih tenang dan tidak terlalu panik hadapi perubahan situasi yang ada. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Peluk Diri Lebih Erat Dulu

“When you're not sure if you're following the right path, when you've been knocked down a few too many times, it's completely fine to get discouraged, hell even defeated. What's not okay is to stop.” – Gary John Bishop

Sebelum makin kebingungan dengan keadaan yang dihadapi, cobalah untuk peluk diri lebih erat. Saat ini orang yang paling membutuhkanmu adalah dirimu sendiri. Jadi, cobalah untuk menguatkan dan mempererat pelukan untuk diri sendiri lebih dulu. Kumpulkan kembali kekuatan diri yang tersisa untuk bisa bertahan saat ini.

 

 

2. Apresiasi Perjalanan yang Sudah Dilalui

“Make up your mind that no matter what comes your way, no matter how difficult, no matter how unfair, you will do more than simply survive. You will thrive in spite of it.” – Joel Osteen

Apresiasi dulu perjalanan yang sudah dilalui. Syukuri semua hal yang sudah bisa dilakukan sampai saat ini. Saat merasa hilang arah bisa jadi karena sedang butuh istirahat dulu. Sudah banyak hal yang kamu lalui dan perjuangkan hingga saat ini, jadi luangkan waktu sejenak untuk mengapresiasi semua yang sudah dilakukan.

 

 

3. Buat Perubahan Prioritas Hidup

“Being strong doesn't mean that you can handle every difficult situation on your own, it means that you have the sense to ask God and others for help.” – Nishan Panwar

Merasa hilang arah dalam hidup mungkin pertanda ada hal yang perlu diubah. Entah itu prioritas hidup atau pilihan hidup yang baru. Membuat perubahan baru akan menghadirkan tujuan baru, dan jalan baru pun bisa terbuka untuk dilalui. Saat sudah ada tujuan baru, maka perasaan hilang arah pun bisa mereda.

 

 

4. Ingat Lagi Alasan Memulai Sesuatu

“When everything seems to be going against you, remember that the airplane takes off against the wind, not with it.” – Henry Ford

Perasaan hilang arah mungkin hadir karena merasa tertekan atau ada banyak masalah yang hadir bersamaan. Di sini, bisa coba kumpulkan semangat dengan mengingat lagi alasan memulai sesuatu. Saat mengingat lagi langkah awal yang diambil, kadang kita bisa menemukan arah yang tadinya terlewat.

 

 

5. Ingatkan Diri Soal Kelebihan Diri yang Dimiliki

“Your strength doesn't come from winning. It comes from struggles and hardships. Everything that you go through prepares you for the next level.” ― Germany Kent

Coba telusuri dan ingatkan diri lagi soal kelebihan diri yang dimiliki. Kelebihan dan kemampuan diri yang baru kadang muncul saat kita dihadapkan pada tantangan atau peliknya situasi yang membuat kita melakukan hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Saat bisa kembali mengenali dan menyadari kelebihan diri, biasanya ada energi baru yang membantu menguatkan kita bangkit lagi dari keterpurukan.

Semoga perasaan hilang arah yang hadir bisa kamu hadapi dan atasi dengan lebih baik, ya. Yakini saja semua itu adalah bagian dari proses untuk menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading