Tips Memasak Sayuran Agar Vitaminnya Nggak Hilang

Fimela diperbarui 30 Jan 2014, 14:00 WIB

Sekalipun punya banyak kandungan vitamin dan nutrisi, bila salah mengolahnya bisa-bisa kandungan pentingnya hilang lho. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara mengolah sayuran yang tepat agar vitamin tetap bisa bermanfaat bagi tubuh.

Seperti dilansir WomansDay.com, ini adalah cara untuk memasak sayuran namun vitaminnya tetap ada dan tidak hilang.

Trik 1.

Dengan cara ditumis atau diuapi

Beberapa sayuran yang kaya akan karotenoid lebih baik tidak dimasak terlalu lama. Cara yang tepat adalah dengan menumis atau menguapinya saja. Antioksidan kuat yang ada di dalam sayuran seperti wortel, brokoli, dan lain sebagainya ini bisa hilang apabila dimasak terlalu matang dan lama. Padahal antioksidan efektif untuk mencegah kanker.

Trik 2.

Tambahkan sedikit minyak saat menumis sayuran agar sayur tetap hijau. Minyak yang digunakan tidak boleh berlebihan sehingga sayuran tidak sampai terlalu kering.

Trik 3.

Setelah Anda mencincang bawang putih, biarkan selama 15 menit sebelum ditumis atau dimasak. Penelitian menunjukkan bahwa bawang yang telah terkena udara akan bereaksi dan melepaskan semacam senyawa yang dapat melawan kanker.

Trik 4.

Potong-potong sayuran berukuran besar saat memasak sayuran. Ukuran yang besar ini akan mengurangi ekspose terlalu berlebihan yang dapat menghancurkan vitamin dan nutrisi.

Trik 5.

Rebus kentang utuh dengan kulitnya untuk menjaga kandungan vitamin C di dalamnya. Menjaga agar panci tetap ditutup akan mempercepat waktu masak dan menyebabkan nutrisi tidak mudah menguap.

(vem/bee)

Tag Terkait