5 Tips Memilih Kelapa Hijau yang Kualitas Baik dan Bagus

Febi Anindya Kirana diperbarui 12 Des 2022, 17:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu membeli kelapa muda hijau? Kelapa muda hijau atau lebih sering disebut kelapa ijo merupakan salah satu jenis kelapa yang dikenal memiliki lebih banyak kandungan nutrisi dan obat yang baik untuk tubuh. Seringkali kelapa ijo digunakan untuk menetralisasi racun, mengobati penyakit ringan dan semacamnya. Krena khasiatnya itulah yang membuat harga kelapa ijo lebih mahal daripada kelapa muda pada umumnya.

Jika ingin membelinya, mungkin kamu penasaran atau ingin tahu bagaimana cara memilih kelapa hijau yang baik dan bagus agar tidak ditipu penjual, misalnya. Jangan sampai sudah membayar mahal tapi ternyata kamu hanya dikasih kelapa muda biasa. Ini tips atau cara memilih kelapa hijau yang baik dan bagus.

2 dari 6 halaman

1. Cek penampilan luarnya

ilustrasi 7 Manfaat Air Kelapa Muda yang Baik untuk Tubuh dan Kulit/

Pertama yang bisa kamu lihat tentu permukaan kelapa mudanya, apakah berwarna hijau, kuning, atau bahkan kecoklatan. Untuk memilih kelapa mudah hijau yang bagus, pilih kelapa dengan bercak kecoklatan yang sedikit. Ambil kelapa dan putar di tangan untuk memeriksa kulitnya. Pilih yang warna hijaunya konsisten dan tidak ada atau tidak banyak bopeng karena semakin bagus dan warna hijaunya merata, tandanya lebih segar.

3 dari 6 halaman

2. Hindari kelapa dengan kulit coklat tebal

ilustrasi manfaat air kelapa/Here Asia/shutterstock

Karena kelapa ijo diambil untuk diminum airnya, bukan dagingnya, seperti kelapa muda pada umumnya, sebaiknya pilih yang kulitnya tidak tampak tebal dan keras, karena itu tanda kelapa yang matang dan tidak mengandung banyak air. Beberapa kelapa hijau mungkin memang memiliki warna kuning gading atau oranye, jika bingung dengan hal ini, tapi lebih amannya, karena tidak ahli memilih kelapa muda, tetap pilih yang warna hijau saja.

4 dari 6 halaman

3. Warna serabut kulitnya merah

ilustrasi kelapa muda/KobchaiMa/Shutterstock

Ada satu perbedaan paling mencolok antara kelapa muda biasa dan kelapa muda hijau, yaitu warna kulit serabutnya yang merah muda. Jika penjual tidak mau membukanya karena kamu hanya ingin mengecek, congkel kecil di bagian ujung kelapa dengan kuku apakah warna kulitnya merah. Jika sudah yakin, silakan dibeli. Kelapa muda biasa memiliki kulit serabut putih saat dikupas. Jadi jika tujuannya untuk obat, pilih warna serabut kelapa yang merah untuk kelapa hijau.

5 dari 6 halaman

4. Pilih yang bentuknya bulat

ilustrasi kelapa muda/NIKCOA/Shutterstock

Carilah kelapa yang berbentuk bulat, bukan lonjong karena kelapa mulai tumbuh dengan bentuk bulat kemudian menjadi lonjong ketika sudah tua. Jadi akan lebih baik jika memilih kelapa muda yang bentuknya bulat, karena tandanya kelapa itu masih muda dan airnya masih banyak. Jika tidak ada yang benar-benar bulat, paling tidak carilah yang tidak terlalu lonjong. 

6 dari 6 halaman

5. Coba kocok atau goyangkan

ilustrasi kepala muda/Photo by 7.hust from Pexels

Cari kelapa hijau yang bagus biasanya juga bisa dicoba dengan cara mengocok dan didengarkan suaranya. Jika terlalu nyaring bunyinya, itu tandanya kelapa tersebut tua dan banyak ruang di dalam kelapa menandakan airnya sudah jauh berkurang. Kelapa muda yang bagus sebaiknya tidak mengeluarkan suara air di dalamnya. Ketika dipukul permukaannya tidak menimbulkan suara nyaring. Itu tandanya air di dalamnya masih penuh, tidak banyak ruang dan pertanda kelapanya masih muda.

Itu dia tips memilih kelapa muda hijau yang baik dan bagus. Karena ketika kualitasnya bagus, maka kandungan nutrisinya juga lebih baik.

#Women for Women