How To: Perawatan Rambut yang Tepat untuk Kamu yang Berhijab

Fimela Reporter diperbarui 29 Mar 2023, 12:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar ungkapan "rambut adalah mahkota perempuan?" Ungkapan ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa rambut adalah bagian esensial bagi seorang perempuan yang menjadi sumber kecantikan dan kepercayaan diri. Rambut yang sehat dan terawat dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri dan menarik.

Perawatan rambut yang baik akan menghasilkan rambut yang sehat dan berkilau, terutama bagi yang memakai hijab. Meski tidak terlihat, perawatan rambut juga tetap penting dilakukan. Dimulai dari pemilihan shampoo dan conditioner, cara mengeringkan rambut, dan ragam vitamin untuk menguatkan rambut.

Secara alami, rambut manusia terbentuk dari 17 persen air, tergantung pada kelembapan lingkungannya. Jika air lebih banyak, maka rambut akan menjadi basah. Rambut basah bisa menjadi faktor dari kerusakaan pada rambut jika tidak ditangani dengan benar.

Ketika selesai keramas dan tidak memiliki waktu untuk mengeringkannya, langsung memakai  hijab dengan kondisi rambut yang basah. Hal ini yang membuat rambut menjadi lembab, bau, dan gampang rontok.

Selain faktor ini, ada beberapa kebiasaan lainnya yang bisa menimbulkan masalah pada rambut bagi perempuan yang berhijab.

2 dari 3 halaman

Mengikat rambut dengan kencang

Merawat rambut penting bagi semua perempuan, terutama yang berhijab. Simak beberapa tips ini untuk cara mudahnya. (Doc/Dyson)

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh ketegangan yang berlebihan atau penarikan berulang kali pada helai rambut. Rambut yang diikat terlalu kencang seperti kuncir kuda  sebelum mengenakan hijab dapat membebani kulit kepala dan rambut. Seiring waktu, rambut rontok atau kerusakan rambut mungkin meningkat. 

Mengenakan hijab saat rambut masih basah

Lebih lengkapnya, saat rambut masih dalam keadaan basah, kelembapan akan terperangkap di dalam hijab dan terjadi gesekan antara rambut dengan hijab. Maka dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit kepala. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa gatal, ketombe, serta kerontokan.

Kurangnya perhatian pada kulit kepala

Banyak orang yang masih belum mengerti mengapa menjaga rambut dan kulit kepala itu penting. Nyatanya, dengan kulit kepala yang sehat, akan menjaga kekuatan dan volume rambut, terutama yang memakai hijab. Kulit kepala yang lembab dan ditutup selama berjam-jam akan menimbulkan aroma tak sedap, apalagi Indonesia adalah negara dengan iklim lembab.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan rambut untuk perempuan yang memakai hijab? Jadi, beberapa tips ini akan membantu merawat rambut dan kulit rambut bagi perempuan yang berhijab maupun tidak.

3 dari 3 halaman

Rutin mencuci rambut

Merawat rambut penting bagi semua perempuan, terutama yang berhijab. Simak beberapa tips ini untuk cara mudahnya. (Doc/Dyson)

Seberapa sering mencuci rambut tergantung pada jumlah minyak yang diproduksi rambut. Normalnya, mencuci rambut disarankan setiap 2 sampai 3 hari sekali. Meskipun sering mencuci rambut diperbolehkan, namun perlu diperhatikan penggunaan shampoo yang lebih lembut, cukup untuk menghilangkan minyak di rambut. Saat mencuci rambut jangan lupa untuk menggunakan conditioner. Fungsi dari conditioner ini untuk membuat rambut menjadi halus dan mengurangi tanda-tanda kerusakan.

Menyisir rambut

Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah, rambut menjadi lebih rentan terhadap kerusakan saat basah. Gunakan sisir yang lembut dan berbulu halus. Lalu gunakan teknik menyisir dengan benar, dimulai dari ujung rambut guna untuk menguraikan bagian yang kusut.

Gunakan produk pengering yang tepat

Saat sedang terburu-buru, perhatikan bahwa rambut harus selalu dalam keadaan kering sebelum mengenakan hijab. Banyak beredar di pasaran produk pengering rambut yang mudah digunakan, salah satunya adalah Dyson Supersonic. Pengering rambut yang mampu mengeringkan rambut dari akar hingga ujung dengan cepat tanpa rasa panas yang berlebih. 

Kelebihan Dyson Supersonic

Dengan teknologi Air Multiplier yang bertekanan tinggi dan kecepatan tinggi, memungkinkan penggunanya untuk mengeringkan dan menata rambut secara bersamaan. Dyson Supersonic ini juga tidak mengeluarkan suara yang berisik, berbeda dengan produk pengering rambut lainnya.

Kelebihan lainnya, yaitu Dyson Supersonic bisa digunakan untuk semua jenis rambut, dilengkapi dengan berbagai aksesoris lainnya dan fitur cerdas untuk mengatur tingkat suhu tidak lebih dari 150 Celsius. Hal ini sangat penting karena tidak dapat membuat kerusakan pada rambut.

Jangan khawatir bagi sahabat Fimela yang memiliki rambut tipis dan kulit kepala sensitif, Dyson Supersonic ini dilengkapi dengan fitur Gentle air untuk menghasilkan aliran udara yang lebih lembut dan sejuk ke kulit kepala, sehingga kulit kepala terjaga dengan baik.

Pengering rambut Dyson Supersonic tersedia mulai dari Rp7.599.000 di dyson.co.id dan offline store Dyson Demo Store di Pondok Indah Mall 3, ada ruangan khusus perempuan, lho!  Jadi, bagi yang mengenakan hijab bisa langsung uji coba dengan ruangan yang lebih personal. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries