4 Tips Menggoreng Ikan Asin agar Tidak Hancur

Febi Anindya Kirana diperbarui 10 Mei 2023, 15:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Ikan asin memang memiliki penggemarnya tersendiri, terutama karena aromanya yang gurih dan rasanya yang asin bikin nagih. Ikan asin cocok dijadikan lauk untuk beberapa jenis makanan tradisional seperti pecel, urap, nasi jagung, bahkan sayur asem dan lodeh. Tapi seringkali menggoreng ikan asin menjadi permasalahan banyak orang karena seringkali ikan asin akan hancru saat digoreng. Agar tidak hancur, ini sekian tips menggoreng ikan asin yang bisa dicoba di rumah.

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

1. Dibalut tepung

ilustrasi tepung telur bahan kue/spicyPXL/Shutterstock

Gunakan adonan tepung basah atau kering sebelum digoreng. Beberapa jenis ikan asin memang mudah hancur ketika digoreng, sehingga lebih baik dibalut dengan tepung terlebih dahulu. Cukup cairkan beberapa sendok tepung terigu dan tepung beras yang dibumbui dengan bawang putih dan kunyit yang sudah dihaluskan, kemudian goreng seperti biasa.

3 dari 5 halaman

2. Jangan sering diaduk

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cara lain menggoreng ikan asin agar tidak gampang hancur adalah dengan tidak terlalu sering diaduk atau dibolak-balik. Masukkan ikan asin ke dalam minyak panas, tunggu hingga sudah benar-benar kering, kemudian balik. Angkat jika sudah matang.

4 dari 5 halaman

3. Jangan gunakan api terlalu panas

ilustrasi minyak/copyright Shutterstock

Panaskan minyak kemudian masukkan ikan asin, lalu turunkan suhu ke api sedang, karena menggoreng ikan asin dalam kondisi minyak terlalu panas bisa membuat ikan asin hancur atau melebur ke dalam minyak sehingga membuat ikan menipis dan minyak kotor.

5 dari 5 halaman

4. Balut telur

ilustrasi tips memasak telur ala koki agar lebih menarik dan enak/unsplash

Selain dibalut dengan adonan tepung, ikan asin juga bisa dicelup ke dalam telur kocok sebelum digoreng agar bisa mengurangi kemungkinan hancur saat digoreng di dalam minyak. Boleh juga dicampurkan 1 sendok makan tepung terigu agar lebih solid.

Itu dia beberapa tips menggoreng ikan asin agar tidak hancur selama proses penggorengan.

#Breaking Boundaries