Sukses

Beauty

Tips merawat kulit tubuh, wajah, dan rambut setelah melahirkan

Fimela.com, Jakarta Mengalami perubahan pada bentuk tubuh setelah melahirkan adalah hal wajar yang umum dialami oleh perempuan. Hormon, menjadi salah satu penyebabnya. Meskipun demikian, tetap tampil cantik setelah melahirkan, kita tetap bisa juga kok. Ada kiat-kiat khusus yang penting untuk kila lakukan. 

Dilansir dari thehealthsite.com, Ms. Megha Dua, seorang ahli gizi anak dan Co-founder Nuluv.in, membagi tips seputar ritual kecantikan, dari perawatan kulit hingga rambut. Nah, sahabat FIMELA yang sedang atau akan melalui beauty journer pasca melahirkan ini, berikut 5 tips cantik yang dapat kita lakukan.  

1. Konsumsi air mineral untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi setelah kehamilan adalah faktor yang paling penting dalam mendapatkan kembali keseimbangan fisiologis. Hal ini juga membuat keajaiban luar biasa untuk mengembalikan kilau kulit. Minum air putih yang cukup juga dapat membebaskan kita dari sembelit yang mengarah ke kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, menjaga kulit tetap terhidrasi juga akan mengatur sistem peredaran darah dan merangsang pertumbuhan rambut. Masalah rambut setelah melahirkan seperti ketombe dan dermatitis juga dapat dipecahkan dengan mengatur asupan air. Dianjurkan untuk minum 8 gelas air setiap hari setelah melahirkan.

2. Bersihkan kulit 

Kulit mungkin menjadi sedikit berminyak setelah melahirkan karena kadar progesteron yang tinggi. Hal ini sebenarnya adalah kondisi yang normal dan termasuk bagian dari perubahan hormonal. Salah satu metode terbaik untuk menjaga kulit agar tetap dalam kondisi baik adalah membersihkannya dua kali sehari menggunakan pembersih yang halus dan ringan. Cara ini juga dapat menyingkirkan pori-pori dan minyak berlebih. Fyi, saat memilih untuk menggunakan produk, seperti skincare, melakukan konsultasi pada dokter ahli terlebih dulu, itu penting. 

3. Istirahat yang cukup

Merawat bayi yang baru lahir bisa membuat waktu istirahat jauh berkurang. Ini dapat membahayakan kulit dan pertumbuhan rambut.  Tubuh dan pikiran yang lelah akan memberi efek nyata pada kulit, rambut dan bagian tubuh lainnya. Cobalah untuk mencuri waktu untuk istirahat. Ini akan membantu tubuh merasa segar dan membuat kulit dan rambut memulihkan kekuatan alaminya. Jika tidak cukup tidur, itu akan menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.

4. Konsumsi suplemen vitamin yang cukup

Setelah kehamilan, tubuh membutuhkan vitamin penting. Pastikan bahwa dietmu mengandung Vitamin B dan C untuk pertumbuhan rambut. Mengkonsumsi biotin, minyak ikan, dan sulfur organik sangat penting untuk pertumbuhan rambut karena meningkatkan pasokan keratin dalam tubuh. Itu juga bisa membuat rambut kita lebih kuat dan lebih bersinar. Juga masukkan telur, ubi jalar, blueberry, biji bunga matahari, ikan, walnut, kacang, asparagus, dan bayam ke dalam menu diem sehingga kulit dan rambut lebih sehat.

5. Hindari produk mengandung bahan kimia

Salah satu cara terbaik untuk merawat tubuh setelah melahirkan adalah dengan menjauhkan bahan kimia dan produk berbahaya lainnya. Gunakan teknik sederhana seperti melembapkan kulit atau menggunakan sunscreen ke mana pun kita pergi. Untuk perawatan tambahan, kita dapat melakukan eksfoliasi menggunakan scrub ringan seminggu sekali. Menggunakan sampo dan kondisioner anti rambut rontok pun cukup efektif. Jika sahabat FIMELA berpikir merawat rambut panjang akan sangat melelahkan setelah melahirkan, merubah potongan menjadi baru, itu akan cukup membantu sekaligus membuat penampilan kita terlihat lebih segar. 

 

;
Loading