Sukses

Beauty

Tips Menenangkan Diri Saat Marah Agar Tidak Cepat Tua

Marah adalah emosi negatif yang meledak karena suatu hal. Ada yang bilang, jangan sering marah, karena nanti cepat tua! Bahkan ada banyak kejadian tidak menyenangkan terjadi karena kemarahan. Bahkan, banyak tindak kejahatan terjadi kemarahan.

Nah, supaya marah tidak membuat Anda cepat tua, stres dan membuat orang berpikir negatif tentang Anda, redakan marah dengan cara berikut ini, dilansir oleh wikihow.com.

Tarik Napas

Saat ada orang atau kondisi yang memancing emosi Anda, daripada teriak-teriak marah atau mengumpat kata kasar, tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan pelan-pelan. Cara ini dalam membuat otak menerima banyak oksigen, sehingga tubuh Anda lebih tenang. Lakukan sampai Anda merasa tenang dan santai.

Hitung Mundur

Lakukan poin pertama, lalu hitung mundur sampai Anda merasa tenang. Semakin tinggi tingkat kemarahan Anda, semakin tinggi angka yang harus Anda ambil untuk menghitung mundur. Banyak penelitian melihat cara ini efektif. Dengan menghitung mundur, Anda memberi kesempatan tubuh untuk rileks dan berpikir lebih jernih. Maka marah bisa hilang dan penyelesaian masalah lebih baik.

Asingkan Diri Sementara Waktu

Kadang orang yang sedang marah, dicolek sedikit akan semakin marah, apalagi oleh orang yang memicu kemarahan. Maka 'asingkan' dulu diri Anda sementara waktu, sampai kemarahan mereda. Jika hal ini terjadi di tempat umum, kampus atau kantor, pilih lokasi yang tenang dan tidak banyak dilalui orang.

Dengarkan Musik dan Menyanyi

Jika Anda sudah menenangkan diri, akan lebih bagus jika sambil mendengarkan musik yang tenang dan damai. Jika Anda ingin segera kembali ceria, putar lagu yang riang gembira dan menyanyilah. Ini akan membuat mood Anda lebih baik. Dengan hati gembira, kemarahan akan mereda.

Menangis Tidak Dilarang

Tidak ada yang melarang Anda menangis, karena menangis adalah hal yang wajar. Saat perasaan sudah di ubun-ubun, daripada berteriak, carilah tempat yang sepi lalu menangislah. Menangis memang tidak bisa menyelesaikan masalah, namun beban di pikiran dan dada akan terasa berkurang. Kemarahan Anda juga bisa menguap.

Semoga tips mencegah marah di atas bisa bermanfat untuk Anda.

 

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading