Sukses

Beauty

Ingin Sehat? Perhatikan Tips Menjaga Kebersihan Sikat Gigi Ini

Mulut Anda adalah tempat yang sangat baik untuk bakteri berkembang biak. Ada sekitar 100-200 spesies bakteri di mulut yang akan berpindah saat Anda menyikat gigi. Meskipun Anda memang menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi pagi dan malam hari sebelum tidur, atau bahkan setelah makan, Anda tetap harus memerhatikan kebersihan sikat gigi.

Bukan tidak mungkin Anda akan terkena penyakit justru dari sikat gigi Anda. Oleh karena itu, seperti dikutip dari womenshelathmag.com, berikut ini tips sehat menjaga kebersihan sikat gigi Anda agar tidak menjadi sarang penyakit.

    Bersihkan setiap hari

    Penting sekali membersihkan sikat gigi setiap habis menyikat gigi untuk membuang bakteri yang tertinggal pada sikat. Basuh sikat gigi Anda dengan air mengalir untuk membersihkan dari sisa pasta gigi dan bakteri, lalu keringkan sikat.

    Beli baru setelah Anda sakit

    Saat sakit, tubuh Anda mengalami banyak perubahan, termasuk jumlah bakteri di mulut. Jadi, untuk menghindari terserang penyakit yang sama, lebih baik buang sikat gigi lama Anda dan ganti baru saat sembuh dari penyakit.

    Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali

    Banyak dokter gigi menyarankan agar mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali bahkan jika sikat gigi Anda masih bagus. Bukan hanya akan jadi tempat bersarangnya bakteri lebih banyak, bulu sikat gigi juga sudah tidak efektif membersihkan sela gigi.

    Jauhkan dari toilet atau kakus

    Penting sekali menjauhkan sikat dari kakus, karena bakteri saat Anda buang air besar bisa bercampur dengan udara di sekitar dan berhenti di sikat gigi yang dekat dengan lubang WC. Baik WC Anda duduk maupun jongkok, sebaiknya jauhkan dari tempat Anda menaruh sikat gigi.

    Jangan menyimpan dalam tempat lembab

    Menutup sikat dengan safety case memang baik untuk mengindarkan bakteri dari udara luar, namun sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama, karena bakteri juga suka dengan tempat lembab dan tertutup. Angin-anginkan sikat gigi di udara bersih atau simpan dengan penutup sikat setelah Anda mengeringkannya.

Seperti halnya mulut, sikat gigi adalah tempat yang sangat baik untuk bakteri berkembang biak, dan jika tidak dijaga kebersihannya, maka bisa mengundang penyakit. Jadi, jaga kebersihan sikat gigi Anda mulai dari sekarang ya.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading