Sukses

Beauty

5 Peringatan Penting Jika Kamu Sering Kembung Saat Menstruasi

Saat menstruasi, tubuhmu akan mengalami banyak perubahan, namun hal ini hanya bersifat sementara, salah satunya adalah mengalami perut kembung tiba-tiba. Beberapa wanita mengalaminya, bahkan 70% wanita menstruasi pernah mengalaminya, namun tak tahu harus bagaimana mengatasinya.

Perut kembung dan begah ini disebabkan tidak lain karena fluktuasi hormon estrogen dalam tubuh dan penurunan hormon progesteron secara drastis. Gampang saja, kamu bisa mengatasinya dengan makanan.

    Makan buah kaya protein dan potasium

    Makanan kaya potasium atau kalium seperti pisang, tomat, melon dan asparagus bisa membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Makanan mengandung lemak sehat seperti kacang tanah, ikan salmon dan biji-bijian lainnya juga bisa membantu menurunkan prostaglandin, hormon yang menyebabkan kembung dan kram otot.

    Jauh-jauh dari makanan penyebab gas

    Jangan makan brokoli, kol, selada dan kembang kol, karena sayuran ini bisa meningkatkan produksi gas di perut. Sayuran ini mengandung gula kompleks yang sulit dipecah dan ternyata hasil memecah sari makanan dari sayuran ini menghasilkan gas dalam perut.

    Olahraga rutin

    olahraga mungkin jadi aktivitas menyebalkan saat menstruasi, karena biasanya wanita malas melakukan hal berat saat datang bulan, tapi menjaga tubuh tetap aktif bergerak bisa membantu menurunkan gejala PMS, termasuk perut kembung.

    Kurangi kopi

    Kopi terkenal bisa menyebabkan perut kembung dan membuatmu mudah dehidrasi sehingga kemungkinan menyebabkan kram otot perut juga, jadi kurangi konsumsinya sementara. Setelah menstruasi, kamu bisa minum kopi lagi.

    Hindari minuman bersoda atau berkarbonasi

    Suka minum soda atau minuman berkarbonasi juga cenderung mengandung gas yang bisa terperangkap di perut dan memperparah perut kembung. Daripada minum minuman bersoda, perbanyak minum air putih agar perut tak kembung dan tak terjadi kram otot.

Itu sekian peringatan yang perlu kamu ingat jika sering mengalami kembung saat menstruasi. Kamu bisa menerapkannya saat menjelang menstruasi hingga menstruasi selesai agar bisa meringankan derita perut kembung.

(vem/feb)
;
Loading