Sukses

Beauty

Mengapa Payudara Terasa Nyeri Saat Sedang PMS?

PMS merupakan saat yang sulit bagi beberapa perempuan. Selain merasakan mood swing alias mood yang naik turun, tubuh juga mengalami beberapa gangguan fisik. Salah satunya adalah payudara yang terasa nyeri. Sejumlah wanita kadang sampai merasakan nyeri seperti ditusuk jarum.

Sebelum menstruasi alias masa PMS payudara akan jadi besar, bengkak, dan terasa berat. Lalu normalkah ini? Selama siklus menstruasi produksi hormon estrogen memang meningkat dan akan mencapai puncaknya sebelum mencapai siklus pertengahan menstruasi. Inilah yang menyebabkan kelenjar payudara membesar.

Sebelum memasuki menstruasi atau premenstrual, hormon progesteron meningkat dan memuncak pada hari ke 21 (pada siklus 28 hari menstruasi) dan menyebabkan pertumbuhan kelenjar susu pada payudara. Pembengkakan ini diikuti dengan keluhan bengkak dan nyeri pada payudara. Kondisi ini masih normal Ladies.

Ada cara untuk mengatasi rasa nyeri ini Ladies. Usahakan selalu untuk mengonsumsi makanan sehat dan melakukan diet seimbang dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Kurangi konsumsi gula, garam, dan juga kafein.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading