Sukses

Beauty

Puasa Tetap Sehat, Ini Tips Pilih Makanan Untuk Berbuka & Sahur

Selama Ramadan, dua waktu makan utama pasti adalah saat berbuka puasa dan sahur. Banyak orang justru mengalami kenaikan berat badan ketimbang terjadinya penurunan berat badan saat puasa. Hal ini disebabkan oleh pilihan makanan yang tidak tepat.

Untuk menjaga berat badan selama Ramadan dan agar puasa tetap lancar dan tubuh sehat, makanan-makanan ini yang sebaiknya kamu pilih untuk menu berbuka dan sahur.

Berbuka
Berbukalah dengan yang manis, benar. Tapi harus pintar memilih makanan manis yang baik, seperti misalnya bersumber dari buah-buahan. Manis alami buah-buahan lebih baik daripada gula pasir. Penuhi asupan serat, protein dan karbohidrat kompleks dari sayuran, kurangi makan makanan mengandung tepung, berlemak, berminyak dan terlalu pedas.

copyright by Unpopulart - Rifa Arhas

Sahur
Untuk sahur, karena tubuh baru saja beristirahat dan pencernaan belum bersiap benar mencerna makanan, pilih makanan yang mudah dimakan namun tinggi nutrisi seperti telur, tahu dan tempe. Nasi putih boleh, lengkapi dengan buah seperti kurma dan mangga yang mudah dicerna. Hindari makan makanan yang asam dan pedas. Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Selama masa berbuka pun, perbanyak minum air putih dan kurangi ngemil jika tak ingin tambah gendut setelah Ramadan berakhir. Itu dia ladies panduan makanan terbaik yang bisa kamu pilih untuk berbuka puasa dan sahur. Semoga puasa kita tetap lancar ya!

(vem/feb)
;
Loading