Sukses

Beauty

Apakah Aman Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Charcoal?

Banyak orang ingin memiliki gigi putih karena dapat menambah rasa percaya diri pada penampilan, terutama saat tersenyum dan bicara dengan orang lain. Itulah mengapa banyak orang mencari cara alami memutihkan gigi. Dan belum lama ini ada inovasi pemutih gigi dengan menggunakan pasta gigi berbahan charcoal atau arang.

Secara umum, arang hasil pembakaran kayu memang bersifat racun dan berbahaya untuk tubuh bahkan bisa memicu kanker jika masuk ke tubuh. Tapi ternyata penggunaan charcoal untuk luar tubuh punya banyak manfaat, salah satunya yang diyakini adalah mampu memutihkan gigi. Bahkan banyak produsen pasta gigi yang muncul dengan produk terbaru berbahan activated charcoal.

Orang mungkin berpikir, bagaimana mungkin arang bisa dijadikan pasta gigi? Apakah aman?

Dilansir dari Health.com, dokter gigi Bruce L. Cassis, DDS, mengatakan "Activated charcoal sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu." Dan ia mengaku ada pasiennya yang memang mendapatkan manfaat dari penggunaan charcoal sebagai pasta gigi.

Ia mengatakan, "Charcoal bersifat abrasive, sehingga bisa mengikis permukaan enamel gigi." Bisa jadi inilah yang menjadikan charcoal sebagai bahan pemutih gigi. Namun juga perlu diwaspadai, terlalu sering menggunakan charcoal akan mengikis lebih banyak enamel gigi yang tidak diperlukan sehingga bisa membuat gigi sensitif.

Charcoal dipercaya bisa memutihkan gigi./copyright Shutterstock.com

Trey Wilson, DDS, dokter gigi yang tinggal di New York City mengungkapkan, "Penelitian tentang partikel charcoal yang 'bermanfaat' memang sudah lama dipelajari di bidang departemen toksikologi rumah sakit dan sistem penyaringan udara, tapi saya akan menunggu lebih banyak penelitian untuk menentukan keamanan penggunaan charcoal.

Ia ingin memastikan, seperti apa efeknya jika bahan tersebut tertelan dan seperti reaksinya terhadap bakteri yang ada di mulut? Hal ini perlu diperhatikan demi keamanan dan kesehatan. Dokter Wilson menyarankan, jika ingin bahan alami pemutih gigi coba kulit jeruk yang digosokkan ke gigi, ini akan memutihkan gigi meski sangat tipis perbedaannya.

Jadi, jika ingin mencoba charcoal sebagai pasta gigi boleh saja mencoba namun jangan terlalu sering dan lebih baik sangat hati-hati, jangan sampai tertelan ya ladies.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Melakukan Teknik veneer bukan sekedar untuk gaya-gayaan, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
3 Minuman Terburuk yang Sebabkan Mulut Bau Tak Sedap!