Sukses

Beauty

Hindari Stres, Yuk Santap Makanan yang Bikin Bahagia Ini

Ladies, stres dan juga tekanan tentu bikin hidup terasa berat. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa kok mengonsumsi berbagai makanan yang membuat bahagia. Well, makanan yang seperti apa sih?

Perlu diketahui, orang yang bahagia disebabkan oleh hormon yang bernama serotonin. Tanpa hormon ini, orang bisa murung, takut atau bahkan depresif. Hormon ini hanya bisa dibentuk di otak. Agar bisa terbentuk, diperlukan triptofan, asam amino yang menyusun protein. Nah, lalu makanan apa saja yang mengandung zat-zat ini?

Triptofan banyak di kandung dalam keju, daging dan ikan. Tetapi kadar protein makanan tidak boleh lebih dari 20 persen. Jadi kurma, pisang dan cokelat pahit bisa jadi alternatif. Makanan manis membuat senang karena gula menyebabkan tubuh bisa menyerap Triptofan. Jika keduanya digabungkan, misalnya saja memakan coklat, bisa menyebabkan rasa bahagia.

Selain itu, gula terbaik ada dalam karbohidrat. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat namun miskin protein bisa meningkatkan konsentrasi hormon serotonin di otak dan menyebabkan orang merasa lebih senang. Makanan ini diantaranya adalah buah, pasta, kentang, juga beras.

Selain itu, ada juga makanan pedas. Cabai ternyata bisa mendorong orang merasa senang. Saat merasa pedas, otak akan menginterpretasikannya sebagai rasa sakit, sehingga memproduksi endorphin dalam jumlah besar untuk menghilangkan rasa sakit. Sebagai akibatnya, orang merasa senang.

Aroma vanili juga akan membuat seseorang merasa bahagia. Aroma ini akan menekan keinginan untuk memakan sesuatu yang manis, melainkan juga menimbulkan pembentukan serotonin di otak.

Sumber: Liputan6.com



(vem/ivy)
Loading
Artikel Selanjutnya
Lagi Stres? Coba 4 Meditasi Sederhana Ini Agar Pikiran Segar Kembali
Artikel Selanjutnya
Ibu Stres Saat Hamil, Ini Dampaknya pada Janin yang Perlu Diwaspadai