Sukses

Beauty

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan yang Bisa Langsung Kamu Coba Sekarang

Kalau ngomongin soal kecerdasan, hal pertama yang terbayang di benak kita mungkin adalah angka IQ. Nggak sepenuhnya salah memang. Meski sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita maksimalkan untuk meningkatkan kecerdasan.

Ada penelitian menarik terkait meningkatkan kecerdasan ini. Dilansir dari blogs.scientificamerican.com, pada tahun 2008 ada penelitian berjudul Improving Fluid Intelligence with Training on Working Memory oleh Jaeggi, Buschkuehl, Jonides, dan Perrig. Penelitian tersebut untuk pertama kalinya mengungkapkan bahwa meningkatkan kecerdasan sampai tahap tertentu melalui latihan itu bukanlah hal mustahil.

Andrea Kuszewski, konsultan dan ahli terapi anak-anak spektrum autis menjelaskan definisi kecerdasan yang bukan cuma sekadar seberapa banyak pengetahuan yang bisa diingat. Lebih dari itu, kecerdasan di sini merupakan kapasitas untuk mempelajari informasi baru, menggunakan pengetahuan baru untuk menyelesaikan masalah yang ada, atau menguasai keahlian baru. Dan untuk bisa meningkatkan kecerdasan tersebut, ada lima hal yang bisa kita lakukan.

1. Lakukan sesuatu yang baru
Cari aktivitas baru. Lakukan kegiatan yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Saat melakukan hal baru, tubuh akan memicu produksi dopamin dan menciptakan semangat baru. Hal ini kemudian bisa meningkatkan hipokampus 'plastisitas' dan pertumbuhan kembali neuron. Otak pun jadi lebih mudah menerima hal-hal baru dan mempelajarinya.

2. Tantang diri sendiri
Efisiensi bukan "sahabatmu" untuk perkembangan kognitif. Agar otak selalu bisa aktif dan terus membuat jaringan saraf baru, kita harus selalu bisa membuat tantangan baru dari setiap hal yang kita kerjakan. Ketika sudah berhasil menguasai sesuatu, tantang dirimu untuk mengerjakan tantangan yang lebih tinggi.

3. Berpikir kreatif
Gunakan otak kanan sekaligus otak kiri untuk memikirkan sesuatu atau memecahkan sebuah masalah. Cari alternatif atau berbagai macam cara baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya untuk mencari solusi. Jangan takut untuk mencoba cara baru dalam hal-hal yang kamu lakukan.

4. Lakukan sesuatu secara manual
Otak butuh "olahraga" sama seperti tubuh kita. Pada tahapan tertentu, teknologi bisa melemahkan kemampuan kognitif kita. Bisa dimulai dengan coba mengandalkan ingatan saat akan bepergian tanpa menggantungkan diri pada GPS. Bisa juga mulai cari jawaban melalui buku dan bukan dari Google, atau menghitung secara manual tanpa bantuan kalkulator.

5. Perluas jaringan sosial
Bertemu dan berkenalan banyak orang bisa membantumu menemukan banyak perspektif baru. Kamu bakal berada dalam berbagai situasi baru yang membuatmu bisa menemukan lebih banyak peluang dan kesempatan baru lagi.

Saatnya untuk mulai melatih diri dengan kebiasaan dan hal-hal di atas ya ladies. Kita bisa mulai mencobanya sekarang dari sesuatu yang paling mudah.




(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Bisa Menangis Setelah Bercinta, Apa Alasannya?
Artikel Selanjutnya
Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar Anak Tumbuh Cerdas