Sukses

Beauty

Minyak Goreng Jangan Digunakan Berulang-Ulang, Berapa Kali Sebaiknya?

Semakin sering minyak digunakan, semakin banyak kandungan senyawa berbahaya yang bisa merusak kesehatan makanan. Untuk itu, penting buat kita agar lebih cerdas dalam menggunakan minyak goreng.

Hindari menggunakan minyak goreng untuk menggoreng berulang kali karena hal ini bisa menyebabkan minyak mengandung kolesterol jahat lebih banyak. Melansir dari laman boldsky.com, menggunakan minyak goreng berulang kali hingga warnanya cokelat bahkan hitam pekat bisa mengganggu kesehatan.

Minyak goreng yang terlalu pekat bisa mengandung lemak jenuh lebih banyak. Ini juga sangat memungkinkan minyak jadi lahan tumbuhnya bakteri, virus maupun penyakit berbahaya. Menurut para ahli, beberapa penyakit yang bisa menyerang tubuh terkait kebiasaan menggunakan minyak goreng berulang kali antara lain adalah kanker, tumor dan penyakit degeneratif lainnya.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di United State Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa minyak yang telah berubah warna, aroma dan rasa, ini telah mengandung berbagai senyawa yang berbahaya buat kesehatan. Sebaiknya, minyak goreng tidak digunakan lebih dari 3 kali.

Setelah tiga kali digunakan atau sudah ada tanda minyak berubah warna dan aroma, sudah sebaiknya minyak dibuang atau dimanfaatkan pada hal lain asalkan tidak untuk dikonsumsi. Yuk ladies, semakin bijak dalam memasak dan menghasilkan makanan sehat serta bermanfaat buat kesehatan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading