Sukses

Beauty

Awas, Kanker Kulit Dapat Menyerang Anak-anak!

Tahukah anda apa itu melanoma? Mungkin masih cukup asing bagi anda ya, Ladies. Melanoma adalah salah satu jenis penyakit kanker kulit yang berbahaya. Akibat paling fatal yang ditimbulkan penyakit ini adalah dapat menyebabkan kematian.

Berdasar hasil penelitian terbaru yang dilaporkan oleh situs everdayhealth.com, pada masa sekarang ini ditengarai temuan yang cukup mencengangkan. Penderita kanker kulit yang sebelumnya didominasi oleh orang dewasa kini mulai merambah anak-anak!

Pada awalnya, kasus kanker kulit ini hanya ditemukan pada orang-orang dewasa. Tetapi, penelitian pada rentang tahun 1973 sampai 2009 telah menunjukkan bahwa jumlah kasus melanoma pada anak-anak telah mengalami peningkatan sebanyak hampir 2 persen setiap tahunnya.

Kasus melanoma yang terjadi pada anak-anak ini umumnya terjadi pada anak usia 0 sampai 15 tahun. Peningkatan angka penderita melanoma juga tidak hanya terjadi pada usia anak-anak. Hasil penelitian baru-baru ini juga menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada remaja usia 15-19 tahun.

Dari jumlah remaja yang terkena penyakit kanker kulit ini, yang paling banyak adalah wanita. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa melanoma pada anak perempuan lebih banyak menyerang kaki bagian bawah serta panggul. Sedangkan pada anak laki-laki, melanoma lebih banyak berada pada wajah.

Para peneliti masih belum dapat menjelaskan secara rinci mengapa hal tersebut dapat terjadi, tetapi beberapa penyebab melanoma dapat dijadikan sebagai acuan mengapa kasus melanoma ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading