Sukses

Beauty

Jenis-Jenis Kista Ovarium

Kista merupakan sebuah penyakit wanita dimana muncul benjolan kecil berisi cairan bening pada bagian ovarium atau indung telur, Ladies. Nah, kista ini ternyata terbagi ke dalam beberapa jenis. Jika ingin tahu lebih lengkap mengenai jenis-jenis kista ini, yuk simak ulasan berikut!

Dilansir dari situs natural-fertility-info.com, berikut adalah macam-macam dari kista yang muncul pada ovarium atau indung telur.

• Kista fungsional

Pada siklus bulanan wanita, indung telur menghasilkan sebuah kantung, Ladies, yang menyerupai kista dan berisi sel telur yang akan dilepas. Kantung tersebut juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Jika terdapat kista kerena terjadi kesalahan pada fungsi kantung, maka terjadilah kista fungsional, Ladies.

Kista fungsional sendiri memiliki dua jenis, yaitu follicular cyst dan corpus luteum cyst. Follicular cyst terjadi ketika kantung tidak bisa pecah dan tidak bisa melepaskan sel telur, Ladies, sehingga tumbuh menjadi kista.

Sedangkan untuk jenis yang kedua yaitu corpus luteum cyst yang terjadi ketika kantung telah melepaskan sel telur di mana kantung berubah menjadi corpus luteum. Corpus luteum tersebut kemudian mengandung cairan dan berubah menjadi kista.

• Jenis kista yang lain

Jenis –jenis kista ini terjadi pada ovarium namun tidak berkaitan dengan siklus bulanan atau menstruasi, Ladies. Ada empat macam kista lain yang lebih kompleks dan membutuhkan penanganan yang lebih serius, Ladies.

Yang pertama adalah dermoid cyst, yaitu kista yang tumbuh dari sel-sel yang memproduksi sel telur, Ladies. Kista ini cukup kompleks namun tidak berpeluang menjadi kanker. Kista yang kedua adalah cystadenomas, yaitu kista yang tumbuh dari jaringan ovarium dan dan berisi cairan.

Kista selanjutnya adalah endometriomas, yang merupakan kista yang berkaitan dengan organ wanita bernama endometrium. Kista yang terakhir yaitu kista polycystic ovaries di mana indung telur akan membesar dan ukurannya bisa mencapai dua kali lipat ukuran sebenarnya, Ladies. Selain itu, di dalamnya terdapat benjolan-benjolan kista kecil.

Wah, ternyata cukup mengerikan ya, Ladies, penyakit ini. Demi kesehatan organ kewanitaan Anda, ada baiknya memeriksakan diri lebih awal, Ladies.

Tulus W

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading