Sukses

Beauty

Baker’s Cyst; Kista Sendi Lutut

Ladies, tahukan Anda bahwa kista juga bisa muncul bagian belakang sendi lutut Anda? Kista itu dikenal dengan nama Baker’s Cyst. Nama itu diambil dari nama seorang dokter bedah yang menemukan kista itu pertama kali.

Menurut Wikipedia.org, baker’s cyst biasanya muncul akibat arthritis lutut---peradangan sendi---seperti rematik, dan robekan cartilage. Penyakit ini muncul diantara kedua otot tendon. Pada beberapa kasus, walaupun jarang, baker’s cyst ini identik dengan Lyme Disease.

Ada beberapa gejala Baker’s cyst yang disarakan oleh pasien. Namun, sebagian besra pasien mengaku merasakan sakit pada bagian belakang lutut dan betis. Tidak hanya itu, otot betis juga sering membengkak gara-gara kista ini.

Ladies, apabila kista itu meletus, maka pasien akan mengalami rasa sakit yang teramat sangat pada bagian betis. Kemudian, betis akan membengkak dan menjadi kemerahan. Hal ini dianggap serius karena bisa sangat mengancam. Bila hal ini terjadi, maka tes darah dan harus dilakukan setelah USG.

Untuk mengetahui kista ini, maka pasien akan disuruh berdiri dengan kedua kaki berbuka lebar. Dengan begini, kista akan lebih terasa. Setelah itu, diagnosa akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas dari segala arah, maka tes MRI dilakukan.

Walaupun terdengar sangat menakutkan, namun Baker’s cyst tidak membutuhkan perawatan serius, selama kista tersebut bukanlah kista symptom atau kista yang merupakan gejala suatu penyakit lain. Baker’s cyst biasanya bisa diobati dengan mengompres lutut dengan es, minum obat, mengompres lutut dengan air hangat, menggunakan pelindung lutut, serta istirahat cukup dan berolahraga khusus.

Nah Ladies, bila lutut Anda sakit di bagian belakang, cepat hubungi dokter Anda.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading