Sukses

Beauty

Benalu; Parasit Yang Berguna

Ladies, tahu tidak apa itu benalu? Itu lo, tumbuhan parasit yang suka sekai nangkring di pohon depan rumah kita. Ada banyak macam benalu, antara lain benalu mangga, benalu jambu, dan juga benalu teh. Nah, benalu-benalu ini ternyata bisa dijadikan obat, dan memiliki khasiat yang berbeda-beda.

Menurut sobatadventure.com, benalu tersebut memiliki khasiat berbeda karena menempel di inang yang berbeda. Dalam situs itu disebutkan bahwa benalu the mengandung senyawa pembunuh fibro sarcoma. Si fibro sarcoma ini merupakan sebuah sel kanker ganas.

Situs lain, Wikipedia.org, mendukung fakta tersebut. Benalu mangga dan benalu teh ternyata bisa digunaan untuk mengobati kanker kulit. Kemudian, benalu bernama Dendrophtoe petandra mampu menghambat produksi enzim isomerase. Enzim ini diproduksi oleh sel kanker dalam penyebaran kanker.

Karena banya ahli yang telah mengkonfirmasi khasiat benalu sebagai obat kanker, maka seorang peneliti Indonesia dari LIPI, Nina Artanti, sedang meneliti manfaat benalu nangka dan benalu belimbing.

Menurut penelitian dilakukan oleh Nina dan tim, benalu belimbing mengandung senyawa kimia quersitrin (quesrcitrin-3-rhamnoside) yang merupakan agen aktif antioksida, yang memiliki khasiat untuk mengecilkan ukuran tumor.

Tidak ada ciri-ciri khusus mengenai bentuk benalu yang tinggal di banyak inang. Cara termudah untuk mengetahui benalu mana yang berguna dan benalu yang beracun adalah dengan mengetahui inangnya.

Benalu teh, misalnya, berguna dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan mencegah kanker. Tentu saja, Anda harus mencari tanaman yang merambat di pohon teh. Begitupula dengan benau mangga dan benalu jambu.

Okay kalau begitu. Semoga bermanfaat, Ladies!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading