Sukses

Beauty

Mengenal Kemangi, Si Daun Kaya Manfaat

Siapa yang tak tahu daun kemangi? Daun kemangi cukup popular di Negara kita sebagai teman makan lalapan dan penghias masakan agar lebih beraroma dan terlihat cantik.

Daun kemangi atau yang juga dikenal dengan nama daun basil ini merupakan tanaman herbal asli dari iran, India, dan Negara tropis di kawasan Asia lainnya.

Dalam laman nutrition-and-you.com diketahui bahwa di beberapa Negara, daun kemangi dinamakan sebagai holy herb karena manfaatnya untuk menjaga kesehatan.

Daun kemangi termasuk dalam family Lamiaceae, genus Ocimum, dan memiliki nama latin Ocimum basilicum.

Daun kemangi dapat tumbuh dengan baik di tempat yang beriklim tropis dan bersuhu hangat, maka tak heran jika di Negara kita banyak ditemukan daun kemangi.

Daun kemangi tumbuh membentuk semak-semak dengan tinggi tanaman bisa mencapai 1 meter saat dewasa. Daun kemangi berbentuk kecil-kecil dengan panjang daunnya hanya mencapai 2.5 inchi dan lebarnya 1 inchi.

Kemangi juga memiliki bunga yang berwarna putih dan berukuran agak besar.

Kemangi terdiri dari dua jenis, yaitu Asian basil dan Mediteranian sweet basil. Jenis yang pertama memiliki batang tanaman yang berambut dengan daun dan bunga yang berwarna merah muda. Sedangkan Mediteranian sweet basil memiliki daun berwarna hijau dengan batang tanaman yang juga berambut. Kedua jenis daun basil tersebut memiliki daun yang berbau wangi tajam.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading