Sukses

Beauty

Jenis Tanaman Obat V: Jarak Bali

Ladies, tahukah Anda tumbuhan jarak bali? Jarak Bali yang mempunyai nama latin Jatropha podagrica hook lebih dikenal sebagai tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan atau tempat rekreasi. Tanaman ini berasal dari Amerika, memiliki bunga berwarna merah oranye yang menarik dan buahnya berbentuk elips melebar.

Dijelaskan pada situs ncbi.nlm.nih.gov, jarak bali ini merupakan tanaman perdu tegak dengan tinggi 0,5-1,5 meter, bergetah warna putih, batang tunggal atau sedikit bercabang, dengan pangkal batang yang membesar dan melembung seperti umbi. Daun bertangkai yang panjangnya 20¬30 cm, helai daun bangun perisai, bentuknya bulat telur melebar dengan ukuran penampang 20-40 cm, bercangap 3 atau 5, taju runcing atau membulat. Bunga dalam malai rata yang bertangkai panjang, dengan bunga betina dan bunga jantan dalam satu tangkai, warnanya merah oranye. Buah bentuk elips melebar, panjang 1,5 cm. Biji lonjong atau bulat panjang.

Jarak bali ini dapat digunakan sebagai obat lho ladies. Manfaat dan khasiatnya juga tak kalah dengan obat herbal lainnya. Bagian tumbuhan Jarak Bali yang dapat dijadikan obat adalah umbi, yang memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit, meredakan pembengkakan, menghilangkan racun, dan menurunkan panas.

Cara mengolahnya tergolong mudah, Anda cukup merebus dengan air 10-15 gram umbi terurai dari Jarak Bali ini dan kemudian ampasnya digunakan untuk ditempelkan pada tempat yang sakit.

Sangat mudah dan murah ya. Anda pun bisa dengan mudah menemukan tumbuhan ini, biasanya di kebun atau pekarangan. Kalau denan obat herbal masih bisa menyembuhkan berbagai penyakit, kenapa harus dengan obat kimia yang malah memberi efek samping. Semoga bermanfaat

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading