Sukses

Beauty

Hati-Hati, 9 Makanan dan Minuman Ini Bisa Merusak Kulit

Fimela.com, Jakarta Apa yang dimasukkan ke dalam tubuh jelas memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi kulit, seperti munculnya jerawat. Keringat, sarung bantal kotor, dan produk perawatan rambut adalah beberapa penyebab munculnya jerawat.

Namun, tidak hanya faktor eksternal itu saja, apa yang dimasukkan ke dalam tubuh juga sama pentingnya. Dilansir dari thelist.com, Jumat (28/12/2018), berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa merusak kulit. Penasaran apa saja?

1. Susu

Susu mengandung komponen hormon tertentu yang dapat merangsang produksi minyak. Semakin banyak minyak yang diproduksi tubuh, semakin besar kemungkinan terjadinya penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Susu skim paling mungkin menyebabkan munculnya jerawat dibadingkan dengan jenis susu lainnya. Seperti susu murni, keju, atau yogurt. Ganti konsumsi susu dengan susu kedelai atau susu almond.

2. Garam

Garam secara tidak langsung juga dapat menyebabkan munculnya jerawat, kulit bengkak, dan peradangan. Jika tidak bisa benar-benar menghilangkan garam dari konsumsi sehari-hari, tambahkan beberapa asam lemak omega 3 untuk memberi hidrasi tambahan pada kulit dan mengurangi peradangan.

3. Gula

Makanan tinggi gula dapat membuat kolagen terglikasi, menegang, dan menua. Gula dapat digantikan dengan buah-buahan yang mengandung gula alami dan antioksidan yang dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit.

 

 

Karbohidrat olahan, keripik kentang, dan mentega

4. Karbohidrat olahan

Makanan dengan karbohidrat olahan mengandung indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar glukosa pada darah, memaksa tubuh untuk memproduksi insulin untuk menyerap glukosa yang berlebih.

Insulin tinggi berarti peradangan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Menghindari karbohidrat olahan berarti membantu menurunkan berat badan dan mengurangi munculnya jerawat.

5. Keripik kentang

Walaupun lezat, keripik kentang memiliki dua kali kandungan kaldu. Selain banyaknya garam, keripik yang digunakan terbuat dari kentang yang merupakan karbohidrat olahan.

6. Mentega

Mentega adalah salah satu produk susu yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 oleh Journal of American College of Nutrition, orang-orang yang mengonsumsi mentega dan produk susu lainnya secara berlebihan akan mengalami lebih banyak kerutan.

Kerang, daging merah, dan alkohol

7. Kerang

Kerang memiliki kandungan yodium yang tinggi, melakukan diet dengan kerang justru akan menyebabkan munculnya jerawat. Kadari yodium yang tinggi dapat membuat kulit meradang, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan munculnya bercak-bercak merah pada kulit.

8. Daging merah

Sama halnya dengan kerang, daging merah juga merupakan makanan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan penuaan dini. Daging merah mengandung karnitin tingkat tinggi yang dapat mengeraskan dinding pembuluh darah, pada akhirnya menyebabkan penuaan dini.

Daging merah juga dikaitkan dengan peningkatan kadar testosteron dalam tubuh, menyebabkan lebih banyak sel kulit tumbuh, dan sebum diproduksi. Hal ini akhirnya akan memblokir pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

9. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan kulit dehidrasi. Saat kulit menjadi kering, kulit akan lebih rentan terhadap kerutan, kekeringan, dan mengelupas.

Selain itu, racun dan radikal bebas dari alkohol juga menyebabkan kerusakan kolagen. Kerusakan kolagen pada akhirnya menyebabkan kulit keriput dan kusam.

Loading
Artikel Selanjutnya
Skincare dengan Ekstrak Narcissus untuk Hidrasi Kulit Secara Mendalam
Artikel Selanjutnya
3 Racikan Tepung Beras untuk Perawatan Kulit, Pernah Coba?