Sukses

Beauty

Jangan Diabaikan, Ini 5 Efek Buruk yang Muncul pada Wajah Akibat Lupa Menghapus Makeup

Setelah selesai beraktivitas, seringkali kita lupa menghapus makeup dan membersihkan wajah. Alhasil, makeup bisa menempel di wajah sampai kita mandi di keesokan harinya. Hal ini apabila terjadi secara terus menerus akan memberikan dampak yang kurang baik pada kesehatan kulit wajah.

Produk makeup itu berasal dari bahan-bahan kimiawi yang seharusnya segera dibersihkan ketika sudah selesai menjalani aktivitas. Namun, kerap kali rasa malas itu hadir sehingga kamu tidak membersihkannya. Bisa jadi kamu langsung tertidur semalaman dengan makeup dan bangun sambil mendapati wajah kamu sudah berantakan karena serpihan eyeshadow dan lipstik terbawa selama tidur.

Ada baiknya jika kamu selalu menyempatkan waktu sebelum tidur untuk membersihkan makeup sampai wajah kamu benar-benar bersih dan bebas makeup. Wajah juga perlu bernapas, jika makeup terus menempel maka akan menyumbat pori-pori pada wajah dan menyebabkan munculnya masalah pada kulit wajah, seperti jerawat dan iritasi.

Nah, buat kamu yang sering lupa menghapus makeup dan membersihkan wajah perlu melihat ulasan berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 efek buruk yang muncul pada wajah akibat lupa menghapus makeup. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Munculnya Jerawat

Efek buruk yang muncul pada wajah akibat lupa menghapus makeup ialah timbulnya jerawat. Sisa makeup yang masih menempel pada wajah akan menutupi pori-pori kulit, akhirnya produk makeup tersebut menyerap ke dalam kulit bersamaan dengan produksi minyak pada wajah. Hal Inilah yang akhirnya menimbulkan jerawat dan komedo.

Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi maka usahakan setiap malam untuk membersihkan wajah sebelum tidur dan pastikan tidak ada sisa makeup yang menempel. Kamu bisa menggunakan teknik double cleansing dengan memakai makeup remover dan facial wash serta facial scrub untuk membersihkan wajah agar benar-benar bersih.

Munculnya Noda dan Flek Hitam

Kedua, sama seperti jerawat, noda dan flek hitam juga mudah muncul pada wajah jika kamu malam menghapus makeup dan membersihkan wajah. Hal ini jelas bisa terjadi karena tumpukan sisa makeup akan memunculkan minyak yang bisa menyerap kandungan bahan kimia dari makeup.

Ketika minyak bercampur dengan makeup dalam jangka yang lama, noda serta flek hitam akan muncul di wajahmu. Selain itu, pori-pori kulit wajahmu akan bermasalah dan tentunya wajah juga akan terlihat kusam bahkan terlihat kotor dan tidak bersih akibat banyaknya noda dan flek hitam yang muncul. Perlu kamu tahu bahwa noda dan flek hitam yang terlanjur menempel pada wajah membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya.

Penuaan Dini

Ketiga, efek buruk yang muncul pada wajah akibat lupa menghapus makeup berikutnya ialah penuaan dini. Penuaan dini pada wajah bisa terjadi karena wajah terlihat kusam dan tidak segar akibat banyak menyerap bahan kimia dari sisa produk makeup yang tidak dibersihkan. Akhirnya zat-zat kimia yang berbahaya pun menempel dan masuk ke kulit menyebabkan wajah terlihat lebih tua.

Penuaan dini juga terjadi akibat terhambatnya regenerasi kulit saat beristirahat di malam hari. Jika kamu masih membiarkan makeup menempel di kulit maka prosesnya tidak akan terjadi secara sempurna. Jika proses peremajaan kulit tidak berlangsung dengan baik, hasilnya kulit yang kusam dan garis halus akan muncul keesokan harinya.

Menyebabkan Infeksi Mata Hingga Bulu Mata Rontok

Berikutnya, efek buruk lainnya yang muncul pada wajah akibat lupa membersihkan makeup ialah terjadi infeksi pada mata hingga bulu mata rontok. Kamu harus tahu bahwa partikel-partikel kecil yang ada disekitar mata sangatlah berbahaya, terutama make up yang berbentuk cair misalnya seperti maskara,eyelinr atau gliter. Jika riasan ini tidak dibersihkan dan dibiarkan lama-lama dapat menyebabakan iritasi dan infeksi pada mata.

Selain infeksi mata, bulu mata juga bisa mudah rontok karena sebagian besar riasan pada mata seperti maskara dan eyeliner memiliki sejumlah kandungan lilin yang cenderung mencair sepanjang hari, sehingga menempel dan memblokir folikel bulu mata, yang dapat menyebabkan bulu mata lebih mudah rontok.

Kulit dan Bibir Menjadi Kering, Menggelap, dan Rusak

Terakhir, efek buruk yang muncul pada wajah akibat lupa menghapus makeup ialah menyebabkan kerusakan pada kulit wajah itu sendiri. Kulit wajah dan bibir bisa menjadi kering dan gelap akibat terkontaminasi bahan kimia dan zat berbahaya yang menumpuk pada wajah.

Pastinya wajahmu tidak akan terlihat segar dan sehat jika kulit wajah sudah rusak dan bibir mudah kering serta menggelap. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, maka rajinlah membersihkan wajah dengan memastikan bahwa makeup pada wajah sudah terhapus dengan sempurna agar kulit wajah pun bisa bernapas dan tidak mengalami berbagai permasalahan kulit.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Segera Hadir di Indonesia, Dior Hadirkan Rangkaian Lipstik Warna Couture Terbaru
Artikel Selanjutnya
Tampak Lebih Muda dengan 4 Langkah Perawatan Area Bawah Mata