Sukses

Beauty

4 Cara Alami Menyembuhkan Jerawat Kistik yang Meradang dan Menyakitkan

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi kondisi kulit yang cukup menyakitkan bahkan terkadang menakutkan. Namun tahuhkah kamu jika tidak semua jerawat itu sama? Ketika kondisi jerawat biasa memburuk, itu akan berkembang menjadi jerawat yang disebut jerawat kistik.

Jerawat kistik umum dikenal sebagai cystic acne yang merupakan bentuk ekstrem jerawat yang ditandai dengan benjolan bengkak dan meradang berisi nanah. Sangat menyakitkan untuk ditangani dan tidak bisa ditangani layaknya pengobatan jerawat biasa.

Umumnya, jerawat kistik dialami oleh mereka yang memiliki kondisi kulit sangat berminyak. Penyebabnya sendiri bisa karena infeksi bakteri maupun pori-pori tersumbat. Selain itu, faktor stres juga turut memicu terjadi jerawat kistik.

Karena tidak bisa ditangani dengan cara yang biasa, jerawat kistik sebenarnya bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami yang dapat ditemui di rumah. Apa saja?

 

1. Es batu

Gosokan es batu dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan serta kemerahan. Kamu bisa menggosokkan es batu yang dilapisi oleh kain dengan gerakan memutar. Setelah dirasa kulitmu terasa dingin, biarkan wajah mengering dan jangan membilas wajah. Ulangi cara ini 3-4 kali dalam seminggu.

2. Kunyit

Dengan kandungan kurkumin di dalamnya, kunyit sangat efektif sebagai antioksidan dan anti inflamasi untuk melindungi dan melembutkan kulit dari rasa sakit. Dengan kandungan antibakterial juga membantu penyembuhan jerawat lebih cepat.

Caranya, tumbuk kunyit sehalus mungkin dan campurkan dengan air hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada area yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dan ulangi cara ini antara 1-2 kali dalam seminggu.

 

3. Tea tree oil

Tea tree oil memang dikenal sebagai bahan yang mengandung antibakteri cukup kuat. Ia akan membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus meredakan peradangan yang menyebabkan jerawat kisitik.

Caranya campurkan dua tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak kelapa atau minyak almond atau minyak zaitun. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan campuran minyak ini sebagai obat totol pada jerawat setelah wajah dibersihkan. Diamkan hingga campuran benar-benar mengering baru kemudian aplikasikan pelembap.

4. Cuka

Cuka menjadi bahan asam yang bisa digunakan untuk membersihkan kulit. Ia mengandung antibakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengontrol produksi minyak pada kulit.

Caranya, campurkan satu sendok teh cuka putih ke dalam sebaskom air. Gunakan campurnan ini untuk membersihkan wajah pada pagi dan malam hari. Gunakan cara ini setiap hari agar pemyembuhan jerawat bisa lebih cepat.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Innisfree Hadirkan Konsep Store Terbaru untuk Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan
Artikel Selanjutnya
Mengenali Tanda Kulit yang Stres dan Cara Mengatasinya