Sukses

Beauty

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 Akhirnya Terpilih, Yuk Intip Perjalanan Rangkaian Acaranya

Fimela.com, Jakarta Meskipun beberapa bulan ini lagi di rumah aja, tapi bukan alasan untuk nggak produktif. Hal inilah yang berhasil dibuktikan oleh sederet perempuan inspiratif Indonesia lewat Rexona Brightest Squad Hunt 2020.

Event ini memanggil para perempuan Indonesia yang terus bergerak aktif, percaya diri, dan selalu bermimpi jadi influencer yang bisa memberikan inspirasi lewat berbagai karya. Setelah berlangsung sejak Oktober 2020 lalu, akhirnya terpilih 10 orang perempuan muda aktif sebagai bagian dari Rexona Brightest Squad Hunt 2020. Intip dulu perjalanan panjang dari gelaran yang satu ini, yuk!

Ratusan Perempuan Menunjukkan Eksistensi Mereka

Perempuan muda Indonesia memang luar biasa. Di tengah momen di rumah aja, ratusan orang dengan penuh percaya diri mendaftarkan diri dalam Rexona Brightest Squad Hunt 2020. Soal skill dan karya sudah nggak diragukan lagi. Masing-masing mampu menginspirasi perempuan lainnya untuk terus percaya diri dalam berkarya sesuai dengan versinya.

Lebih dari 300 orang yang mendaftar, kemudian melalui tahap penyaringan oleh dewan juri yang melakukan penilaian lewat postingan di media sosial. Penyaringan bukan hal yang mudah karena masing-masing punya ciri khas. Setelah melalui persaingan ketat, akhirnya terpilihlah 20 besar finalis Rexona Brightest Squad Hunt 2020.

Asah Keterampilan Bersama Influencer Ternama

20 besar finalis Rexona Brightest Squad Hunt 2020 yang terpilih selanjutnya mendapatkan kesempatan buat level up skill mereka. Nggak tanggung-tanggung, Rexona menghadirkan sesi Coaching Clinic bersama para influencer ternama dengan tema-tema yang pastinya bisa meningkatkan insight para influencer wannabe. Ada Indah Nada Puspita (Creative Entrepreneur) yang mengisi materi Modesty with Hijab Fashion Business Content. Selanjutnya, tema How To Boost Your Style with Confidence menghadirkan Natalia Kiantoro (Fashion Designer). Nggak ketinggalan Ayla Dimitri (Fashion & Lifestyle Content Creator) yang mengisi sesi How To Get Inspiring Content ala Ayla Dimitri. Sesi yang nggak kalah penting diisi oleh Anggya Kumala (Sr. Brand Manager Rexona Deodorant) yang mengusung tema Be a Confident Influencer with Rexona Dry Serum. Terakhir, salah satu sesi yang jadi bekal penting para calon influencer adalah Writing a Killer Caption yang menampilkan Amelia Ayu Kinanti (Editor In Chief Fimela).

Banyak pembelajaran yang diperoleh para peserta Rexona Brightest Squad Hunt 2020 yang pastinya bisa menjadi bekal untuk para calon influencers. Misalnya dalam sesi bersama Ayu Kinanti yang menekankan pentingnya jadi diri sendiri. Mengenal diri sendiri itu penting sebelum kamu bisa elaborate dalam caption yang menarik.

“Sampai kapan mau pura-pura lewat sosial media? Jadi dari awal kita tahu personality kita seperti apa. Nah kita itu siapa, kita harus tahu itu dulu. Kemudian kita elevate lewat konten kita, entah lewat foto atau caption itu semua saling mendukung. Jadi cari tahu diri kita sendiri dulu lalu kita buat jadi lebih baik,” terang Ayu dalam Coaching Clinic tersebut.

Sebagai influencer, style yang oke juga penting untuk menunjang konten. Fashion yang digunakan sehari-hari juga berperan untuk menunjang rasa percaya diri, lho. Nah, Natalia Kiantoro membagikan tipsnya gimana supaya setiap perempuan itu tahu style apa yang cocok untuknya, yaitu dengan mengenal bentuk tubuhnya sendiri.

“Dalam berpakaian itu yang terpenting kita mengenal bentuk tubuh kita. Otomatis setiap orang punya bentuk tubuh yang beda-beda kan. Ada yang mungkin nggak terlalu tinggi, atau ada yang mungil. Jadi gimana sih kita tahu kalau style ini cocok sama kita? Nah itu pertama-tama kita harus kenal dengan badan kita dulu. Kelebihan kita itu apa, kekurangan kita apa. Kalau kita udah tahu kelebihan kita, otomatis kita mau dong tunjukin itu untuk ditampilkan. Kalau ada kekurangan otomatis kita akan men-distract orang dari kekurangan kita. Itu cuma kita sendiri yang kita tahu,” ungkap Natalia Kiantoro.

Awarding Night, Terpilih 3 Finalis Terbaik!

Setelah melalui Coaching Clinic, para peserta disaring lagi menjadi 10 finalis terbaik. Para finalis inilah yang kemudian akan melalui sesi penjurian di Awarding Night Rexona Brightest Squad Hunt 2020. Puncak acara ini digelar oleh Rexona pada 13 Desember 2020 secara virtual. Para judges yang memberikan penilaian pun bukan nama yang asing lagi. Mereka adalah Anggya Kumala (Senior Brand Manager Rexona), Chelsea Islan (Brand ambassador Rexona Dry serum), Ayu Kinanti (Editor in Chief Fimela), Ayla Dimitri (Fashion & Lifestyle Influencer), Indah Nada Puspita(Creative Enterpreneur), dan Karina Nadilla (Putri Indonesia 2017). Biarpun berlangsung secara virtual, tapi sesi penjurian ini tetap berlangsung dengan ketat lewat berbagai tahapan. Awarding Night dibuka dengan pemutaran video journey yang ibarat jadi nostalgia tersendiri bagi para peserta yang telah melalui berbagai tahapan penyaringan selama berbulan-bulan. Banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang didapatkan secara virtual, misalnya ikutan Coaching Clinic dari para influencer ternama.

Acara Awarding Night pun berlangsung menjadi berbagai tahapan yang biarpun dilakukan secara virtual, tapi tetap terasa ketatnya penjurian. Mulai dari Talkshow dan Sharing Session, Q&A Session, Fashion Presentation, Final Judging Moment, hingga Crowning Moment.

Di Sharing Session, ada Karina Nadila yang sharing pengalamannya tentang pentingnya penampilan ketika mengikuti penjurian Putri Indonesia 2017 lalu. Pastinya hal ini bisa jadi pelajaran berharga banget buat para finalis Rexona Brightest Squad Hunt 2020.

"Yang namanya public speaking itu komposisinya yang paling utama adalah 70% dari penampilan, 20% dari isi, dan 10% itu dari suara. Nah 70% dari penampilan itu kan berarti krusial banget. Kalau aku selain dari looknya harus bagus, tapi jangan sampai juga kalau lagi deg-degan biasanya ada emotional sweat. Kita suka keringetan. Itu yang kita suka nggak sadar dan aku sampai dipanggil ke kantor!"

Sesi ini juga melibatkan tanya jawab antara para peserta dengan coach/judges yang hadir dalam acara. Misalnya saja Chelsea Islan yang berbagi tipsnya menjaga penampilan untuk menjawab pertanyaan salah satu peserta selama talkshow berlangsung.

“Bagaimana cara kita untuk menjaga penampilan itu kembali ke diri kita sendiri. Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri. Dan ketika kita mencintai diri sendiri itu kita jadi tahu gimana cara bersikap, berperilaku di depan banyak orang itu seperti apa. Tapi sebenarnya menjaga penampilan itu kembali ke pribadi masing-masing,” jelas Chelsea.

Awarding Night dilanjutkan ke sesi penjurian berikutnya yaitu Q&A di mana para finalis akan diundi secara acak untuk menjawab pertanyaan dari juri secara acak. Mereka diberikan waktu sekitar 1 menit untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan beragam tema, seperti soal negative vibes di sosial media hingga tentang pengembangan diri peserta. Selanjutnya para peserta juga mengikuti sesi Fashion Presentation secara virtual dengan menggunakan pakaian rancangan Natalia Kiantoro.

Setelah melalui perjalanan panjang dan proses penjurian yang keta, akhirnya ini dia 3 finalis terbaik yang memperoleh berbagai benefit menarik dari Rexona. Juara ketiga diraih oleh Karlina Indriati, Juara kedua Nabilah Zikariyah, dan pemenang Rexona Brightest Squad Hunt 2020 diraih oleh Fiqdira. Para pemenang tersebut akan mendapatkan uang tunai jutaan rupiah, kontrak partnership eksklusif untuk kolaborasi konten sebagai Rexona Brightest Squad Influencer, hingga memperoleh akses produk terbaru dan inovatif dari Rexona.

Para finalis Rexona Brightest Squad 2020 memang keren ya! Selamat buat para pemenang dan teruslah jadi inspirasi buat perempuan lainnya ya!

;
Loading