Sukses

Beauty

5 Cara Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Kering dan Rekomendasinya

Fimela.com, Jakarta Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit, yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan menggunakan sunscreen, kulit tidak akan mudah mengalami tanda-tanda penuaan dini dan hiperpigmentasi.

Sebelum memilih sunscreen, Sahabat Fimela harus mengenali jenis kulit terlebih dahulu, agar produk yang dibeli tidak menyebabkan kulit menjadi iritasi, atau memicu munculnya masalah kulit yang baru.

Biasanya untuk pemilik kulit yang kering, agak susah memilih sunscreen yang tepat, karena kulit kering sangat mudah iritasi, kemerahan dan terasa gatal. Beberapa produk sunscreen memiliki formula yang cocok untuk kulit kering, karena bisa melembapkan dan mengembalikan tekstur kulit yang rusak.

Agar tidak salah memilih dan menggunakan sunscreen, berikut cara yang tepat untuk menggunakan sunscreen bagi kulit kering, serta rekomendasi sunscreen yang aman digunakan kulit kering, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Menggunakan Sunscreen

1. Memilih SPF dengan Tepat

Cara menggunakan sunscreen untuk kulit kering, yaitu dengan memilih SPF yang tepat sesuai dengan kegunaannya. Untuk yang sering di dalam rumah, gunakan sunscreen dengan SPF 30 PA++, sedangkan untuk kamu yang sering berpergian, gunakan sunscreen dengan SPF 50 PA++.

2. Gunakan 30 Menit Sebelum Keluar Rumah

Sunscreen adalah produk perawatan kulit, yang digunakan paling terakhir setelah menggunakan pelembap. Usahakan untuk menggunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah, atau 30 menit sebelum menggunakan makeup. Agar sunscreen terserap ke dalam lapisan kulit.

3. Gunakan Sebanyak 2 Jari

Agar kulit kering terlindungi dari sinar matahari dengan sempurna, gunakan sunscreen sebanyak 2 jari atau sepanjang jari telunjuk dan jari tengah. Lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher.

4. Ulangi Tiap 4 Jam Sekali

Penggunaan sunscreen harus diulangi setiap 4 jam sekali. Karena sunscreen bisa luntur setelah beraktivitas seharian. Kamu bisa menggunakan sunscreen yang spray, agar mudah untuk digunakan.

5. Tetap Gunakan di Rumah

Walaupun kamu hanya di rumah saja atau di dalam ruangan, usahakan untuk tetap menggunakan sunscreen. Karena paparan sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah, dan bisa merusak lapisan kulitmu.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

1. Pilih yang Mengandung Pelembap

Cara memilih sunscreen yang cocok untuk kulit kering, yaitu sunscreen yang memiliki kandungan pelembap. Kandungan yang ada di dalam sunscreen yang aman untuk kulit kering, yaitu hyaluronic acid, lanolin, collagen dan aloe vera.

2. Tekstur Krim

Agar aman digunakan untuk kulit kering, pilihlah sunscreen yang teksturnya lotion, krim dan salep. Karena tekstur sunscreen yang krim, mudah meresap ke kulit kering dan aman untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak.

3. Hindari yang Mengandung Alkohol

Cara memilih sunscreen yang terakhir, yaitu pilih sunscreen yang tidak memiliki kandungan alkohol. Karena kandungan alkohol bisa membuat kulit menjadi sangat kering, skin barrier rusak, kulit kemerahan, gatal dan iritasi.

Rekomendasi Sunscreen

1. Emina Sun Protection SPF 30

Rekomendasi sunscreen yang pertama, yaitu Emina Sun Protection SPF 30. Sunscreen ini memiliki kandungan yang mudah meresap pada kulit, ringan digunakan dan tidak lengket. Dengan kandungan SPF 30, sunscreen ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Harga sunscreen ini sekitar Rp 30ribuan.

2. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Rekomendasi sunscreen yang selanjutnya, yaitu Wardah Sunscreen Gel SPF 30. Produk ini memiliki kandungan aloe vera dan provitamin B5, yang bisa membantu melembapkan kulit kering. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 25 ribuan.

3. Skin Aqua UV Moisture Milk

Skin Aqua UV Moisture Milk adalah salah satu sunscreen yang mengandung SPF 50 PA++. Sunscreen ini bisa membantu melembapkan kulit kering dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, karena produk ini diperkaya dengan kandungan hyaluronic acid dan kolagen. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 50ribuan.

4. COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Sunscreen yang selanjutnya adalah COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++. Produk ini memiliki kandungan aloe arborescens leaf extract, yang berfungsi sebagai pelembap kulit kering. Produk ini berasal dari Korea Selatan, dan dijual dengan harga sekitar Rp 120ribuan.

5. Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

Rekomendasi sunscreen yang terakhir, yaitu Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense, yang teksturnya ringan dan cair, sehingga mudah meresap ke dalam kulit kering, dan mampu menghidrasi kulit yang kering. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 90ribuan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai