Sukses

Beauty

Yang Harus Dilakukan Wanita Kalau Menemukan Benjolan di Payudara

Ada ratusan ribu wanita setiap tahunnya dideteksi menderita kanker payudara. Angka yang cukup melejit ini kabarnya disebabkan oleh buruknya lifestyle hari demi hari.

Bila semula orang mengira penyebabnya karena keturunan saja, maka informasi tersebut kurang benar. Resiko terserang kanker payudara mungkin memang dipengaruhi oleh rekam medis dari ibu atau nenek, tetapi selain itu, penunjang terbesar adalah lifestyle yang buruk. Entah itu stres, merokok, minum alkohol, dan lain sebagainya, cukup menjadi alasan banyaknya wanita terserang kanker payudara.

Inilah gejala kanker payudara, seperti dikutip dari WebMD.

Sebenarnya tidak ada gejala awal yang akan dirasakan oleh wanita ketika terkena kanker payudara. Namun, tanda-tanda ini muncul di periode awal, yang memang harus benar-benar diamati secara rutin oleh wanita:

  • Ukuran payudara berubah drastis
  • Bentuk payudara yang berubah
  • Nyeri serta peradangan di ketiak
  • Warna puting berubah
  • Ada benjolan yang tidak terasa sakit di payudara, rasanya seperti kelereng
  • Terkadang nyeri, tetapi nyeri ini sangat jarang sekali dirasakan
  • Warna kulit berubah dan menebal seperti kulit jeruk
  • Area yang terdapat kanker akan terasa lebih hangat dan seperti ada benjolan yang memerah

Gerakan SADAR dibuat untuk membantu wanita melakukan pengecekan awal adanya kanker payudara pada dirinya atau tidak. Gerakan ini adalah dengan cara berbaring di ranjang, dengan kedua tangan diletakkan di atas. Kemudian satu tangan meraba ke bagian payudara untuk menemukan apakah ada benjolan keras di dalam payudara atau tidak.

Agar hasilnya valid, disarankan melakukan pemeriksaan sesudah menstruasi saja atau jauh sebelum menstruasi.

Apa yang harus dilakukan bila menemukan benjolan tersebut?

Seringkali wanita panik terlebih dahulu dan merasa frustasi ketika menemukan benjolan di payudaranya. Tentunya ini bukan hal yang disarankan. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika menemukan benjolan tersebut:

Jangan panik

Panik tidak akan membantu memecahkan masalah. Anda toh belum memastikan dengan benar apakah itu benar-benar kanker atau tumor jinak, atau juga kelenjar yang biasanya mengeras dan muncul pada saat PMS.

Cari referensi dokter

Carilah referensi dokter terbaik di kota Anda dan buat janji bertemu dengannya. Melakukan pemeriksaan pada ahli akan jauh memberikan rasa lega dan penanganan yang cepat.

Pemeriksaan payudara

Ada beberapa jenis pemeriksaan payudara yang bisa dijalani. Melalui USG, X-ray, atau mammogram. Untuk wanita usia di bawah 50 tahun, tidak disarankan menjalani pemeriksaan mammogram.

Kita patut bersyukur karena teknologi telah menemukan pemeriksaan yang cukup detail dan cepat dengan menggunakan USG. Pemeriksaan cara ini juga cukup teliti karena dokter bisa mengetahui dengan pasti area mana saja yang telah terinfeksi, serta mengetahui besar volume kanker.

Bisakah disembuhkan?

Tingkat potensi kesembuhan penderita kanker payudara tergantung seberapa cepat kanker tersebut diketahui dan ditangani. Tidak sedikit pula wanita yang sempat terkena kanker payudara bisa bertahan dan memerangi kanker yang dideritanya.

Dengan penanganan yang cepat serta pengobatan intensif, maka kanker bisa diatasi. Oleh karena itu, pastikan Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis untuk memastikan apakah benjolan di payudara Anda adalah kanker atau bukan.

 (vem/bee)
What's On Fimela
Loading