Sukses

Beauty

10 Tips Super Praktis Untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Sering merasa tidak bersemangat menjalani aktivitas karena tidak bisa tidur nyenyak di malam hari? Atau Anda kesulitan untuk bisa bangun pagi dengan badan yang segar dan perasaan yang menyenangkan? Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa cukup mengikuti 10 tips praktis yang dilansir dari news.distractify.com ini. Belum ada kata terlambat untuk memiliki tubuh sehat dan bisa selalu aktif mengikuti semua kegiatan.

    Tetapkan Jam Bangun Tidur yang Sama Setiap Hari

    Untuk mendapatkan siklus tidur yang sehat, tetapkan jam bangun tidur yang sama setiap hari. Punya jam tidur yang tetap dan teratur akan menjaga ritme sirkadian Anda (jam alami dalam tubuh manusia).

    Buat Pola Tidur yang Konsisten Bahkan di Akhir Pekan

    Buatlah pola tidur yang konsisten setiap harinya. Artinya adalah tidur dan bangunlah di jam yang sama setiap hari.

    Meditasi 30 Menit Sebelum Tidur

    Agar bisa tidur nyenyak di malam hari, luangkan waktu 30 menit untuk bermeditasi atau menenangkan diri sebelum tidur.

    Siapkan Diri Anda untuk Tidur

    Bukan hanya mengenakan baju tidur yang nyaman, tetapi juga pastikan bahwa Anda sudah siap secara mental untuk tidur. Caranya adalah dengan mematikan semua peralatan elektronik atau membaca satu bab sebuah buku sebelum tidur. Matikan juga televisi Anda agar Anda bisa lebih tenang saat tidur. Suhu ruangan kamar pun perlu diperhatikan agar Anda tidak lagi mudah terbangun saat tidur.

    Jangan Makan Sebelum Tidur

    Pastikan Anda tidak makan apapun sebelum tidur karena bisa membuat perut jadi terasa tidak enak. Saat perut sudah terasa tidak nyaman, maka siklus tidur Anda pun akan terganggu.

    Lakukan Yoga Selama 7 Menit Setelah Bangun Tidur

    Latihan yoga bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena peradangan. Dr. Oz menyarankan agar Anda melakukan yoga terlebih dahulu di pagi hari untuk melemaskan otot dan sendi-sendi tubuh Anda. Jika Anda belum terbiasa melakukan yoga, setidaknya Anda bisa melakukan pemanasan tubuh agar otot-otot tubuh terasa lebih rileks dan nyaman saat beraktivitas.

    Ubah Nada Jam Beker Anda

    Jam beker yang memiliki nada atau suara terlalu kencang dan keras hanya akan membuat tubuh Anda merasa tidak nyaman. Menurut University of Pennsylvania Divisi Tidur dan Chronobiology, inertia tidur Anda akan menjadi buruk saat Anda bangun dengan terkejut dan tiba-tiba. Cobalah pilih nada jam beker yang lebih lembut dan bisa membantu Anda terbangun dengan rasa lebih nyaman.

    Minum Segelas Air Sebelum Sarapan

    Segelas air putih yang diminum di pagi hari saat perut masih kosong akan memperlancar metabolisme tubuh Anda. Sehingga Anda bisa bangun lebih cepat dan membuat Anda lebih mudah terjaga. Selain itu, buka jendela Anda agar sinar matahari bisa masuk. Bahkan ketika Anda masih tidur, cahaya matahari yang menerpa kelopak mata Anda akan memberikan sinyal ke jam internal Anda untuk memicu neuron-neuron di dalam otak Anda.

    Jangan Selalu Minum Segelas Kopi Setiap Hari

    Usahakan tidak selalu minum kopi setiap pagi. Kenapa? Karena ketika tubuh sudah terbiasa mendapatkan asupan kafein setiap harinya, maka tubuh bisa terasa lemas jika Anda tak minum kopi sehari saja. Minumlah kopi jika sekiranya Anda akan menghadapi hari yang sibuk dan panjang.

    Miliki Bantal yang Paling Nyaman

    Bantal yang tidak nyaman hanya akan membuat tulang belakang Anda berada pada posisi yang tidak nyaman. Pilihlah bantal yang nyaman agar Anda terhindar dari sakit leher dan badan tidak terasa sakit semua saat bangun tidur.

Ladies, tidak sulit kan untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Mungkin awalnya akan terasa sulit untuk mengikuti tips-tips di atas, tetapi setelah Anda mencobanya beberapa kali, Anda pasti akan terbiasa. Saat Anda sudah berhasil mendapatkan kualitas tidur yang Anda inginkan, Anda tak akan lagi mengalami kesulitan untuk melakukan semua aktivitas Anda dengan optimal.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading