Sukses

Beauty

Pertama Kali Olahraga Setelah Lama Nggak Olahraga, Kamu Wajib Lakukan 9 Hal Ini

Kapan kamu terakhir kali berolahraga, Ladies? Kalau sudah lama sekali kamu melakukan olahraga atau bahkan lupa kapan terakhir kalinya kamu berolahraga, tubuhmu pasti sudah mengalami perubahan. Dan kalau mau kembali aktif olahraga lagi, ada sejumlah hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat tubuhmu bisa kembali menyesuaikan diri.

Dikutip dari laman elitedaily.com, Dr. Holly Atkinson menyarankan kita agar memulai olahraga dengan perlahan. Jangan terburu-buru apalagi langsung memaksakan diri. Kalau kamu mau olahraga lagi setelah lama nggak olahraga, ini 9 hal yang wajib kamu lakukan.


1. Mulai dari yang paling mudah.
Pilih jenis olahraga yang paling mudah dan tak menuntut tubuhmu bekerja terlalu keras. Misal, sekadar lari-lari kecil selama 30 menit. Tubuh perlu penyesuaian kembali untuk kembali aktif.

2. Buat jadwal olahraga.
Biar makin rajin dan nantinya lebih disiplin olahraga, buatlah jadwal yang realistis dan memudahkanmu untuk olahraga dengan rutin.

3. Siapkan baju olahraga khusus.
Biar semangat olahraga nggak hilang atau luntur, siapkan baju olahraga khusus.

4. Cari penyemangat.
Penting lho punya penyemangat yang bisa selalu mengingatkanmu untuk olahraga. Biar kamu juga nggak berhenti di tengah jalan dan bisa lebih mudah membiasakan diri untuk lebih aktif berolahraga.

5. Kalau memungkinkan, sewa jasa pelatih khusus.
Setelah lama nggak olahraga, kebiasaan yang terbentuk pasti berbeda. Tubuh jadi gampang capek kalau aktif sedikit saja. Salah-salah nantinya jadi mogok olahraga lagi. Dengan menyewa jasa pelatih khusus, kamu bisa lebih mudah membentuk tubuh dan menyesuaikan diri untuk olahraga dengan lebih gampang.

6. Buat target olahragamu.
Pasang target. Misal, target menurunkan berat badan 1 kilogram dalam waktu 1 bulan.

7. Biasakan dengan olahraga kardio.
Pacu detak jantungmu dengan melakukan olahraga kardio. Tapi tak perlu terlalu memaksakan diri juga. Lakukan olahraga yang bisa diterima oleh tubuhmu.

8. Bersiap dengan rasa bosan.
Lama nggak olahraga lalu olahraga lagi? Wah, kalau komitmenmu nggak kuat, kamu bisa dikalahkan oleh rasa bosan nanti ke depannya. Jadi penting nih untuk membuat kegiatan olahragamu seru dan menyenangkan sejak awal.

9. Kamu harus bisa sabar.
Penelitian membuktikan orang butuh waktu rata-rata 6 minggu untuk bisa membentuk kebiasaan olahraga yang baru. Jadi, kamu harus bertahan selama itu untuk terus rutin olahraga. Biar apa? Biar kebiasaan lama yang nggak pernah olahraga itu bisa segera hilang.


Sudah punya niat untuk olahraga lagi setelah lama nggak olahraga itu bagus, lho. Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah memperkuat komitmenmu dan bersiap untuk memiliki kebiasaan baru yang lebih sehat.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading