Sukses

Beauty

4 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin Karang Gigi Makin Membandel Namun Jarang Disadari

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang bisa membuat seseorang terlihat makin menarik dan mempesona. Namun sayang, tidak sedikit orang yang rupanya telah memiliki masalah pada giginya. Baik itu gigi berlubang, gigi kuning hingga karang gigi membandel. Berbicara mengenai masalah gigi, kali saya akan membahas karang gigi atau plak gigi. Karang gigi merupakan kotoran atau bakteri yang ada pada gigi dan telah mengeras. Biasanya, karang gigi ini akan berwarna kuning atau berwarna hitam dan menutup permukaan gigi.

Sayangnya, karang gigi yang telah membandel tak bisa diatasi dengan hanya menggosok gigi saja. Sebetulnya, karang gigi ini bisa terjadi karena beberapa hal. Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat karang gigi makin parah atau membandel. Tapi sayang, kebiasaan buruk ini justru jarang disadari. Mmm, apa sih kebiasaan buruk yang bikin karang gigi makin membandel tapi jarang disadari ini? Berikut ulasannya.

    Tidak Gosok Gigi Secara Teratur

    Kebiasaan pertama yang bakal bikin karang gigi kamu makin membandel adalah tidak gosok gigi secara teratur. Nah, bagi kamu yang jarang gosok gigi atau hanya gosok di waktu ingat saja, tinggalkan kebiasaan buruk ini. Tak gosok gigi secara teratur tak hanya membuat karang gigi makin parah dan membandel saja. Lebih jauh, tidak gosok gigi secara teratur juga memicu sakit gigi atau gigi berlubang.

    Malas ke Dokter Gigi

    Kita semua sangat disarankan untuk pergi dan periksa rutin ke dokter gigi setidaknya 6 sampai 12 sekali. Dengan pergi ke dokter gigi, kita akan mendapatkan informasi mengenai kesehatan gigi kita. Tapi sayang, rupanya banyak orang yang melewatkan moment untuk pergi ke dokter gigi. Entah karena takut atau terlalu sibuk, sehingga banyak orang melewatkan pergi ke dokter. Jika kamu malas pergi dokter gigi, jangan heran jika gigi kamu berkarang atau bahkan mengalami masalah serius lainnya ya Ladies.

    Suka Makan Permen Dan Cokelat

    Nah, kebiasaan buruk selanjutnya yang bakal bikin gigi kamu berkarang adalah kamu suka permen atau cokelat. Jika suka dan hanya sesekali makan saja mungkin tak akan bermasalah. Namun, bagi kamu yang memang sangat suka dengan permen atau cokelat dan tak bisa berhenti konsumsi dua makanan ini, jangan heran jika gigi kamu menjadi tidak sehat, berkarang dan bahkan berlubang. Dan karang gigi akan semakin parah terjadi pada gigi kamu saat kamu tak gosok gigi selepas makan permen atau cokelat.

    Melupakan Konsumsi Buah Dan Sayur

    Buah dan sayur merupakan makanan yang kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin bermanfaat untuk tubuh. Dan salah satu manfaat buah dan sayur adalah untuk kesehatan serta kekuatan gigi. Jika kamu melupakan konsumsi buah dan sayur, jangan heran jika gigi kamu bakal berkarang lho ya.

Ladies, itulah kebiasaan buruk yang bakal bikin karang gigi makin membandel namun jarang disadari. Selain kebiasaan di atas, kebiasaan lain yang juga sangat jarang disadari adalah makan makanan panas dan dingin dalam waktu bersamaan, merokok, minum minuman yang mengandung alkohol dan tidak suka minum air putih. So, mulai sekarang kamu jangan pernah meremehkan kebiasaan buruk ini lho ya. Terlebih, ketika kamu ingin terbebas dari masalah karang gigi. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading