Sukses

Beauty

Kurangi Kafein Ganti Dengan Sumber Energi Ini

Kafein yang terdapat pada kopi dan teh, memang efektif untuk mendongkrak semangat dan mengusir kantuk di tempat kerja. Bahayanya, terlalu sering mengonsumsi kafein akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Jika energi instan yang Anda butuhkan, cobalah mengonsumsi makanan yang lebih sehat ini:

    Minum kombucha

    Minuman yang difermentasi ini bisa membuat Anda lebih bersemangat dan fokus. Minuman probiotik ini dapat membantu memberikan manfaat kesembuhan bagi tubuh, memperbaiki kondisi kulit hingga memperkuat sistem imun tubuh. Minuman yang memiliki rasa unik ini tidak mengandung lemak, rendah kalori dan rendah gula. Kombucha memiliki rasa jahe atau jeruk yang bisa menambahkan kesadaran Anda.

    Buah prun

    Buah prun yang dikenal baik untuk mengatasi sembelit ini merupakan jenis buah yang dikeringkan dan cocok sebagai camilan. Di dalam buah prun, terdapat kandungan boron yang baik untuk mencegah osteoporosis dan menyediakan antioksidan, sekaligus menjadi sumber asupan energi. Rasa manis alami prun tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah mendadak karena kadar seratnya yang tinggi dan kandungan sorbitolnya, yang akan diproses oleh metabolisme tubuh secara perlahan.

    Kayu manis

    Bubuk kayu manis dengan aromanya yang tajam merupakan peningkat energi instan. Hanya dengan menghirup aromanya saja, Anda sudah kembali bersemangat. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 oleh North American Journal of Psychology,  membuktikan bahwa kayu manis sanggup meningkatkan kemampuan orang yang mengonsumsinya untuk fokus, memproses pemikiran, mengeluarkan ingatan dari bank memori visual, dan mengatur respons motorik visual. Anda dapat mengonsumsi kayu manis dalam bentuk permen karet atau menghirup minyak aromaterapinya.

    Hiruplah udara segar di luar ruangan

    Meski udara di Indonesia di siang hari tidaklah sebersih di pagi hari, namun berhenti sejenak dari pekerjaan untuk keluar ruangan dan melihat tanaman hijau yang asri di luar, bisa membantu mengembalikan energi Anda. Ambil waktu semenit untuk berganti pemandangan dan Anda dapat memutar mood Anda agar kembali bersemangat. Lakukan peregangan tubuh selama 15 hingga 20 menit, sekaligus istirahat singkat, sebelum kembali bekerja dan Anda dapat merasakan sendiri bedanya.

    Hindari makanan manis dan makanlah kacang

    Untuk camilan, pilihlah kacang walnut atau almond yang baik untuk otak. Hindari makanan manis karena snack ini dapat membuat tubuh menjadi lebih lamban. Di dalam kacang, terkandung protein nabati, mineral kalsium, magnesium dan potasium, bersama dengan lemak sehat yang membantu tubuh tetap berenergi. Serat di dalam kacang membantu tubuh mencerna makanan secara lebih lambat. Dalam kacang walnut, terdapat pula kandungan serotonin yang dapat membuat Anda berada dalam mood yang positif. Di dalam walnut dan almond juga terdapat amino acid phenylalanine yang penting untuk kesehatan otak.

    Latihan pernapasan ringan

    Saat energi terasa menurun, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan yang dapat membantu mengembalikan kesadaran penuh Anda. Bernapaslah dengan dalam, pelan dan panjang. Cara ini dapat membantu Anda menenangkan pikiran yang stres dan mengembalikan energi. Cobalah untuk menghirup dan mengembuskan napas secara cepat melalui hidung selama 15 detik, dengan mulut yang tertutup dan rileks. Anda akan merasakan tekanan pada belakang leher, diafragma, dada dan perut, yang akan menstimulasi pernapasan dan menambah energi

    Cuci muka

    Adanya paparan benda dingin seperti air dapat mengaktifkan sistem saraf simpatetik yang akan menghasilkan peningkatan level endorfin dan noradrenaline dalam darah. Jantung Anda seakan dihidupkan kembali sehingga tekanan darah dan keawasan tubuh dan pikiran Anda langsung kembali. Anda juga dapat membasahi tangan dan belakang leher Anda dengan air dingin. (PA)


Sumber: http://meetdoctor.com/

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Merayakan Imlek dengan Varian Rasa dan Resep Kopi Favorit yang Bold
Artikel Selanjutnya
Starbucks Dewata Hadirkan Pengalaman Eksplorasi Kopi Lokal Secara Menyeluruh