Sukses

Beauty

Hasil Lebih Maksimal, Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Berolahraga

Apa yang Anda lakukan sebelum berolahraga sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Artinya, agar hasil olahraga terasa lebih maksimal, Anda juga perlu memperhatikan kegiatan yang Anda lakukan sebelum berolahraga. Ada persiapan yang harus Anda lakukan, namun ada juga hal yang harus dihindari agar manfaat olahraga bisa terasa lebih optimal pada tubuh Anda.

So, apa sajakah hal-hal yang harus diperhatikan agar olahraga lebih maksimal? Simak ulasan lengkapnya, yuk!

    Hindari Berolahraga Dalam Kondisi Perut Lapar

    Tidak disarankan fitnes atau olahraga dalam keadaan perut kosong. Sebab, tekanan yang diterima tubuh saat olahraga, ditambah kurangnya gula (energi) akan memicu hypoglycemia, yakni kondisi yang membuat Anda lebih mudah lelah.

    Konsumsi Karbohidrat Ringan

    Sebagian praktisi fitnes mungkin menyarankan untuk melakukan latihan dalam keadaan perut kosong karena dipercaya dapat membakar lebih banyak kalori. Tapi, disebutkan dalam laman timesofindia.com, saran ini tidak sepenuhnya benar. Sebab nyatanya olahraga atau latihan akan jauh lebih maksimal jika Anda telah mengisi perut terlebih dahulu sebelum olahraga.

    Konsumsilah karbohidrat satu jam sebelum fitnes. Pilih jenis karbohidrat yang bentuknya ringan dan mudah dicerna. Tidak perlu nasi lengkap dengan lauk dan sayur. Sebutir apel, setangkup roti dengan selai kacang, cornflakes atau pisang cukup ideal dimakan sebelum olahraga.

    Jenis makanan ini tidak perlu waktu terlalu lama untuk dicerna, selain itu juga mudah digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi yang diperlukan selama berolahraga. Jangan lupa juga meminum segelas air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan.

    Hindari Berolahraga Setelah Makan Berat

    Anda baru saja makan berat dan lengkap, namun ingin langsung berolahraga? Sebaiknya tahan dulu keinginan olahraga, kecuali Anda menderita diabetes. Ya, orang dengan diabetes memang disarankan berolahraga setelah makan berat. Namun bagi orang normal, sebaiknya berolahraga baru dilakukan dua hingga tiga jam setelah makan. Sebab, tubuh perlu waktu dalam menyerap gula dari makanan sehingga tenaga tercukupi untuk berolahraga.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar olahraga lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading