Sukses

Beauty

Tetap Bugar Saat Jam Tidur Kurang, Ini Tipsnya!

Karena kesibukan atau jadwal rutinitas yang padat, kadang kita jadi sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup. Prioritas waktu lebih banyak digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Mau tak mau jam tidur pun harus dikorbankan.

Sungguh jadi dilema sendiri ya Ladies. Di satu sisi kita perlu menuntaskan semua pekerjaan dan tanggung jawab dengan baik sehingga harus memfokuskan semua waktu dan energi yang dipunya. Namun, di sisi lain kita perlu mengorbankan jam tidur padahal agar kesehatan tetap terjaga kita butuh jam tidur yang cukup. Jika sudah begini, jelas kita harus segera melakukan sesuatu.

Ada sejumlah tips dasar yang bisa jadi solusinya. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

Kondisikan Pencahayaan
Seperti yang dilansir oleh businessinsider.co.id, Michael Breus selaku psikolog dan penulis The Power of When memaparkan, "Cara termudah untuk membuat seseorang terjaga saat diserang rasa kantuk adalah dengan cahaya terang." Dengan kata lain, kita perlu mengondisikan pencahayaan di sekitar kita untuk membantu kita bisa tetap terjaga. Saat beraktivitas di siang hari, usahakan ada cahaya terang yang bisa kita dapatkan. Baik itu cahaya matahari alami atau cahaya lampu.

Sementara itu di malam hari, redupkan cahaya. Dan jangan menggunakan HP, gadget, atau laptop saat akan tidur. Kenapa? Karena blue light (sinar biru) yang dikeluarkan oleh gadget bisa menghentikan produksi melatonin. Akibatnya membuat kita makin sulit tidur di malam hari. Padahal untuk bisa tetap menjaga kebugaran tubuh, kita perlu mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.


Perbaiki Pola Makan
Apa yang kita makan atau konsumsi akan mempengaruhi besarnya energi yang kita miliki sepanjang hari. Jadi kalau kamu kurang tidur, maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang tepat untuk memberi energi yang cukup untuk tubuh. Kamu perlu mengonsumsi lebih banyak "lemak baik" atau lemak tak jenuh yang berasal dari buah alpukat, minyak zaitun, dan ragam kacang-kacangan. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi cukup protein, khususnya saat sarapan.

Olahraga Ringan
Michael Breus memaparkan kalau olahraga justru bisa memberi kita energi yang kita butuhkan. Tinggal disesuaikan saja dengan kemampuan, mau olahraga di pagi hari atau di sore hari. Setidaknya cari waktu luang khusus untuk membuat kita lebih banyak bergerak, entah itu hanya jalan kaki atau aerobik beberapa menit.

Coba "Caffeine Nap"
Metode ini memang tak perlu dan kurang disarankan jika dilakukan setiap hari. Cukup dilakukan saat kamu merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan jadwal barumu. Namanya "caffeine nap". Caranya, sekitar pukul 11 siang, siapkan segelas kopi hitam. Masukkan beberapa es batu lalu minum sampai habis. Setelah itu, pejamkan mata dan tidurlah selama 25 menit. Nanti setelah bangun, tubuhmu akan merasa lebih berenergi dalam waktu empat hingga lima jam ke depan.

Tapi jangan terlalu bergantung pada konsumsi kopi, ya. Soalnya, setelah minum kopi, tubuh bisa langsung kembali berenergi dan terjaga. Tapi setelah itu, tubuh bisa langsung merasa lemas karena energi yang sudah divorsir sebelumnya. Lebih baik mengimbanginya dengan perbanyak minum air putih untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Nah, itu tadi tips dasar untuk menjaga kebugaran tubuh saat kita tak bisa mendapat jam tidur yang cukup setiap harinya. Semoga infonya bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading