Sukses

Beauty

Rajin Mandi Setiap Hari Tidak Baik Buat Kesehatan, Benarkah?

Berapa kali dalam sehari kamu mandi? Satu kali, dua kali atau mungkin bahkan lebih. Mengenai mandi, umumnya mandi dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Mandi sendiri dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh dan kulit. Aktivitas ini juga penting dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan jauh dari berbagai virus maupun kuman. Lantas, bagaimana jadinya jika seseorang malas mandi? Apakah dia akan rentan terhadap serangan penyakit?

Mengetahui seseorang yang jarang mandi, yang ada di benak kita kemungkinan besar adalah anggapan bahwa orang tersebut jorok dan kurang memperhatikan kebersihan tubuhnya. Apalagi jika mengingat kita tinggal di daerah tropis yang cukup panas dan membuat tubuh rentan berkeringat serta mudah kotor.

Namun nih ya, dikutip dari laman asiantown.net,sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika jarang mandi menyehatkan. Sebaliknya, terlalu sering mandi justru bisa membuat tubuh rentan sakit, kulit mudah kering dan berbagai bakteri semakin mudah menyerang tubuh. Penelitian yang dilakukan pada suku primitif Yanomami di pedalaman hutan Amazon ditemukan jika suku ini jarang sekali mandi dan bersentuhan dengan air.

Jarang mandi yang dilakukan orang-orang dari suku ini awalnya dilakukan untuk menjaga tubuh mereka dari serangan hewan buas atau predator di hutan. Hanya saja, ada yang menarik dari kebiasaan jarang mandi yang mereka lakukan. Peneliti menemukan jika kulit suku ini memiliki kompleksitas bakteri cukup tinggi sehingga menjadikan bakteri tersebut sebagai antibiotik alami bagi tubuh mereka. Tubuh mereka pun jadi lebih kebal terhadap serangan virus maupun kuman penyebab penyakit.

Para ahli menemukan jika kompleksitas bakteri tersebut berfungsi menjaga imun tubuh, menyehatkan sistem pencernaan, organ hati dan berbagai organ penting lain di tubuh. Selain menemukan fakta bahwa jarang mandi menunjang pertumbuhan bakteri sehat, peneliti juga menemukan bahwa mandi menggunakan sabun dan sampo terlalu sering meningkatkan risiko terbunuhnya bakteri alami di kulit yang menyehatkan tubuh.

Walau penelitian terbaru ini menyebutkan jarang mandi bisa menyehatkan tubuh, penelitian lebih lanjut akan tetap dilakukan oleh para ahli. Para ahli akan mengkaji lanjut temuan ini. Karena bagaimana pun juga, selama ini mandi secara berkala dan membersihkan tubuh secara teratur adalah satu hal yang bisa menjaga tubuh agar tetap sehat serta bugar

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading