Sukses

Beauty

Buat Masker Peel Off Sendiri di Rumah dengan Bahan-bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Masker peel off memang selalu digemari untuk mencapai kulit sehat dan terbebas dari kotoran. Meskipun masker peel off banyak tersebar di toko kecantikan dan online, kandungan yang terdapat di dalamnya harus menjadi perhatian. Jangan sampai Sahabat Fimela memilih masker peel off dengan kandungan yang tidak sesuai dengan tipe kulitmu. 

Namun, jangan khawatir, karena Sahabat Fimela dapat membuat masker peel off sendiri di rumah. Tidak hanya terbebas dari kandungan kimia yang berbahaya, membuat masker sendiri di rumah akan membuatmu menghemat sedikit uang. 

Menurut timesnownews.com, menggunakan masker peel off dapat membantumu membersihkan pori-pori dari kotoran yang menempel. Terdapat beberapa kandungan alami yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulitmu dalam membuat masker peel off.

Berikut cara membuat masker peel off sesuai dengan kondisi kulitmu menurut purewow.com

Almond dan mawar untuk melembapkan kulit kering

Untuk kulit kering gunakan kandungan almond dan air mawar untuk membuat masker peel off. Campurkan beberapa bahan ini untuk membuat masker peel off-mu sendiri:

  • 3 sdt susu almond
  • 3 sdt air mawar
  • 3 tetes minyak almond

Ketiga campuran ini akan membantumu dalam mengembalikan kelembapan kulit melalui Vitamin E yang terkandung dalam almond. Air mawar juga memiliki antibakteri yang dapat membantumu terhindar dari iritasi akibat kulit kering. Masker peel off dengan almond dan air mawar akan memberikan tampilan kulit yang lembap dan terbebas dari kerutan.   

Jeruk dan yogurt untuk mencerahkan kulit kusam

Untuk mengatasi kulit kusam, campurkan ketiga bahan ini untuk membuat masker peel off.

  • 1 sdt yogurt
  • 2 sdt cuka kelapa
  • 4 sdt air jeruk manis

Ketiga kandungan ini merupakan kandungan yang bermanfaat bagi kulit kusam. Antioksidan dari Vitamin C pada jeruk dapat membantumu dalam mencerahkan wajah. Kandungan lactic acid pada yogurt yang memiliki kandungan eksfoliasi lembut akan membersihkan wajahmu dari kotoran dan debu. Memakai masker ini juga akan membantumu menghilangkan kemerahan pada kantung mata akibat kekurangan waktu tidur.

Kombucha untuk kulit berminyak

Untuk mengatasi kulit berminyak, gunakan beberapa bahan ini untuk membuat masker peel off:

  • 3 sdt kombucha
  • 3 sdt air bunga jagung 
  • 3 tetes minyak sea buckthron seed 

Kombucha memiliki kandungan probiotik yang dapat membantumu untuk menyeimbangkan kulit wajahmu dengan bakteri baik. Kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan kulitmu serta menghindari kulit dari breakout. Hasil fermentasi kombucha beserta kedua kandungan masker ini memiliki manfaat baik untuk menghindari kulit dari dehidrasi dan iritasi 

Kunyit dan madu untuk kulit berjerawat

Untuk membuat masker peel off khusus kulit berjerawat, gunakan bahan-bahan di bawah ini

  • 3 sdt cuka kelapa atau apel
  • 3 sdt witch hazel
  • 1/2 sdt madu manuka
  • 1 tetes minyak esensial kunyit 

Jika Sahabat Fimela sedang menghadapi masalah breakout pada kulit, masker ini menjadi pilihan yang tepat untukmu. Kandungan madu dan kunyit dapat menghindarkan masalah jerawat dan bekas jerawat. Kandungan cuka apel dan witch hazel juga membantumu mengeksfoliasi kulit serta membersihkan wajah dari minyak berlebih. Gunakan masker ini seminggu sekali atau dua minggu sekali dalam sebulan untuk meningkatkan efektivitas masker.

Sebelum menggunakan masker peel off pastikan kulitmu sedang dalam keadaan kering agar masker dapat bekerja dengan sempurna. Jangan menggunakan masker di dekat area mata, alis, rambut, mulut atau di bagian kulit sensitif lainnya. Juga, pastikan Sahabat Fimela tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan alami tersebut sebelum menggunakan masker. Lakukan patch test untuk memastikan kulitmu siap untuk menggunakan masker peel off.

 

Penulis: Meisie Cory

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Teknik Menggunakan Parfum yang Tepat Menurut Ahli
Artikel Selanjutnya
Cegah Penularan COVID-19 dengan Masker dan Hand Sanitizer yang Harganya Terjangkau