Sukses

Beauty

Jangan Sampai Salah! Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan kulit sehat dan cantik tentu menjadi impian seluruh wanita. Dengan begitu, perawatan dengan penggunaan produk skincare tidak boleh sampai terlewat. Sederet produk perawatan kulit kekinian mungkin sudah dikoleksi agar bisa memiliki kulit glowing. Tapi, sudah berapa lama produk tersebut digunakan?

Sebagian orang terkadang masih belum mengetahui bahwa skincare memiliki masa pakai setelah dibuka. Hal ini akan berdampak buruk bagi kulit seseorang jika menggunakan produk skincare yang sudah kedaluwarsa. Bahkan, terdapat beberapa produk yang tidak menyediakan petunjuk jangka waktu untuk pemakaian tersebut.

Merawat kulit wajah memang penting, jangan sampai kulitmu terancam bahaya karena produk skincare telah kedaluwarsa. Ketahui jangka waktu pemakaian skincare yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Senin (25/10/2021).

Cleanser dan Toner

Kedua produk perawatan kulit ini dikenal dalam basic skincare yang memang tidak boleh terlewatkan. Namun perlu diperhatikan, terdapat aturan tersendiri dalam penggunaan masing-masing produk tersebut.

Untuk produk cleanser, usia pemakaian produk yang tepat adalah sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sejak produk telah dibuka. Sedangkan untuk produk yang belum pernah dibuka, masih bisa digunakan hingga jangka waktu 2-3 tahun.

Sementara, toner juga memiliki ketahanan waktu 6 bulan hingga 1 tahun jika produk sudah dibuka. Karena teksturnya yang cair ini, maka produk mudah terkena kontaminasi bakteri. Sebaiknya, perhatikan ukuran saat membeli toner dan cleanser yang masa pakainya bisa disesuaikan.

Moisturizer

Jika ingin menjaga hidrasi kulit, maka penggunaan pelembap atau moisturizer ini sering menjadi salah satu rangkaian perawatan kulit. Pelembap sendiri memiliki kemasan tube yang bisa digunakan hingga 1 tahun sejak pertama kali dibuka. Namun, ini berbeda dengan pelembap yang dikemas dalam jar. Wadah yang sering terbuka mampu membuat moisturizer memiliki kemungkinan besar untuk terkontaminasi bakteri. Hal tersebut membuat cepat rusak, sehingga masa pakai yang disarankan hanya sekitar 9 bulan.

Sunscreen

Kulit perlu dilindungi dari radiasi sinar matahari dan sunscreen bisa mewujudkannya. Sunscreen merupakan produk skincare yang tergolong cukup awet karena dapat digunakan hingga 1 tahun sejak dibuka. Namun, perlu diingat bahwa harus segera berhenti menggunakan sunscreen jika produk telah mengalami perubahan tekstur atau warna. Hal tersebut merupakan tanda bahwa produk sudah rusak. Jika masih menggunakan sunscreen yang tak layak pakai, maka perlindungan untuk kulitmu akan kurang optimal dan terdapat kemungkinan membuat kulit menjadi iritasi.

Serum

Produk skincare ini sering digunakan untuk merawat kulit secara spesifik, misalnya untuk mencerahkan kulit. Bahkan, hanya diperlukan sedikit untuk pengaplikasiannya karena formula di dalamnya tergolong konsentrat. Meski dalam 1 botol serum dapat digunakan selama berbulan-bulan, namun produk ini akan kehilangan efektivitasnya dalam waktu 1 tahun. Jangka waktu tersebut berlaku untuk semua produk serum, baik dalam kemasan tube yang menggunakan pipet maupun botol pump. Biasanya, zat aktif yang terkandung telah kehilangan fungsi dalam jangka waktu 1 tahun.

Eye Cream

Masalah mata panda, kantong mata hingga kerutan halus di area tersebut menjadi salah satu hal yang mengganggu penampilan. Oleh karena itu, penggunaan eye cream atau krim mata adalah produk skincare yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Namun, sebaiknya tidak menggunakan eye cream lebih dari 1 tahun sejak produk digunakan.

Idealnya, jangka waktu krim mata ini antara 6 bulan hingga 1 tahun. Jika lebih dari masa pemakaian tersebut, maka bahan aktif yang terkandung di dalamnya bisa rusak sehingga eye cream tidak berfungsi secara optimal.

Jika sudah memiliki pengetahuan terkait jangka waktu produk skincare, maka cobalah untuk memeriksa kembali setiap produk yang Sahabat Fimela gunakan sehari-hari. Kalau sudah tak layak pakai, singkirkan dari rangkaian perawatan kulit wajah demi menghindari masalah kulit lainnya.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Bahan Alami yang Bantu Rambut Mengembang Jadi Mudah Ditata
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Kecantikan Kulit Wajah dengan Kandungan Deep Sea Water