Sukses

Beauty

Apa Penyebab Rambut Rontok Setiap Hari? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan tentu memiliki rambut impian ada yang keriting, ekal, lurus, atau bahkan pendek. Tentu sebagai perempuan akan sering menemui masalah yang berkaitan dengan kesehatan rambut seperti rambut ketombe, rontok, atau mungkin Bercabang.

Ternyata rambut yang rontok merupakan salah satu efek samping dari masalah kesehatan yang perlu ditangani, meskipun terkadang hal ini akan meredah dengan sendirinya. Setiap orang ternyata akan mengalami kerontokan rambut dan itu terjadi pada beberapa masing masing dari mereka, kebanyakan orang akan kehilangan rambut 50 hingga 100 helai rambut perhari.

Mungkin kita tak sempat menghitung berapa jumlah helai dari rambut yang rontok, tetapi mungkin kamu akan menyadari rambut yang rontok di area kasur atau di lantai kamar tidur. Berikut apa saja penyebab rambut rontok yang mungkin terjadi pada kamu saat ini:

1. Masalah Tiroid

Tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) atau mungkin tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) ternyata dapat menyebabkan kerontokan rambut karena setiap kondisi yang berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon.

Hormon tentu akan membantu tubuh untuk mengatur hampir setiap fungsi didalamnya termasuk pertumbuhan rambut. Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu mengendalikan salah satu dari kondisi tiroid yang membuat hormon terkendali agar menghentikan kerontokan rambut.

2. Setelah Masa Kehamilan

Ketidakseimbangan hormon lainnya juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, terutama fluktuasi hormon yang terjadi setelah masa kehamilan dan persalinan. Membutuhkan waktu beberapa lama setelah masa kehamilan agar kadar hormon kembali menjadi normal, mungkin saja setelah kamu melahirkan akan lebih mengalami rambut yang terus rontok dan menipis. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena beberapa masalah setelah kehamilan akan menjadi normal.

3. Obat-Obatan

Obat yang dikonsumsi oleh beberapa orang tentu memiliki efek samping, terutama bagi kesehatan rambut mereka yang membuat nya menjadi rontok. Terlalu banyak vitamin Adone obat berbasis vitamin A atau disebut sebagai retinoidternyata dapat menyebabkan kerontokan rambut, selain itu beberapa obat untuk menyembuhkan kanker juga dapat menyebabkan kerontokan rambut total karena mereka bekerja untuk menghancurkan sel kanker.

4. Alopecia

Alopecia adalah istilah medis untuk rambut rontok dan ada dua jenis utama yaitu alopecia areata dan androgenic alopecia. Alopecia juga dapat menyebabkan kerontokan rambut hanya di kulit kepala atau di seluruh tubuh, hal ini juga dapat menyebabkan penipisan rambut, becak rambut rontok, kebotakan, atau mungkin masalah lainnya.

5. Stress dan Emosional

Ketika kamu menghadapi beberapa hal yang membuat mood merasa tertekan, stress, dan masalah emosional lainnya. Hal ini ternyata dapat membuat rambut menjadi lebih rontok, meskipun hanya sementara. Tetapi begitu kamu dapat mengendalikan stress dan pikiran maka pertumbuhan rambut akan normal seperti biasanya.

Perawatan rambut tidaklah mudah banyak beberapa hal yang terkadang dapat menyebabkan rambut menjadi lebih rontok dari biasanya. Tetapi kamu tak perlu khawatir karena rambut rontok terkadang akan meredah dan sembuh dengan sendirinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading