Sukses

Beauty

Apa Penyebab Jerawat di Pipi dan Dagu? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu kondisi umum yang kerap disebabkan oleh adanya kelenjar minyak yang tersumbat atau meradang, hal ini dapat meningkatkan bakteri penyebab jerawat pada bagian kulit. Salah satu gejala jerawat yang dialami seseorang tentu banyak jenisnya, mulai dari komedo hingga kista.

Ketika kulit memproduksi terlalu banyak minyak maka akan membuat sel-sel mati dan saling menempel. Selain itu gumpalan kecil minyak serta kulit dapat membentu sumbatan yang akhirnya dapat menyumbat pori-pori.

Jerawat di area dagu maupun pipi sendiri sangatlah umum, meskipun jerawat dapat terjadi di area tertentu tentu memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Jerawat di bagian dagu maupun pipi sering dikaitkan dengan peningkatan hormon, berikut beberapa penyebab jerawat di pipi dan dagu yang perlu kamu tahu:

1. Apa Penyebab Jerawat di Pipi? Cek Hp dan Sarung Bantal

Jika kamu memiliki jerawat di bagian pipi periksalah sarung bantal atau handphone yang digunakan, mungkin terdapat E.coli dan bakteri lain yang terseimpan. Jerawat yang menetap di satu sisi wajah terkadang dapat disebabkan oleh handphone yang kotor, sarung bantal, maupun kebiasaan lainnya saat menyentuh wajah.

2. Apa Penyebab Jerawat di Dagu? Mungkin Masalah Hormon

Jerawat di dagu maupun rahang sendiri terkadang dapat disebabkan oleh fluktuasi hormon yang berari adanya gangguan pada sistem endokrin. Biasanya akan berakibat pada kelebihan androgen yang merangsang kelenjar minyak secera berlebihan dan menyumbat pori-pori. Hormon yang dapat melonjak selama masa menstruasi mungkin karena penggunaan obat-obatan.

Ketidakseimbangan hormon juga sering dikaitkan dengan diet yang dilakukan, beberapa diet yang dilakukan terkadang dapat mempengaruhi jerawat. Tak hanya itu terkadang kesehatan usus juga dapat mempengaruhi jerawat karena mengubah kadar hormon terutama jika mengkonsumsi makan makanan tinggi karbohidrat maupun susu.

Cara Mencegah Jerawat di Pipi dan Dagu

Kamu dapat mengurangi risiko berjerawat dengan melakukan beberapa perawatan pencegahan, seperti di bawah ini:

  • Melakukan cuci muka selama dua kali sehari, terutama setelah berkeringat.
  • Keramas dengan teratur.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak menyumbat pori-pori.
  • Mengindari stress yang dapat memperburuk hormon.
  • Makan-makanan yang sehat.
  • Menggunakan sunscreen yang bebes minyak.
  • Membersihkan seprai dan sarung bantal sesering mungkin.

Jerawat di pipi maupun dagu sendiri terkadang membuat banyak orang tak percaya diri karena salah satu area wajah yang kerap terlihat. Masalah satu ini memiliki banyak perawatan yang dapat kamu coba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading