Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

Fimela.com, Jakarta Kulit kering dan gatal memang tidak menyenangkan.  Saat gatal pasti menggaruknya, dan akan terus terulang seperti itu.  Sebagian besar gatal ringan seperti gigitan nyamuk akan hilang tanpa pengobatan.  

Tetapi ketika itu berlangsung selama lebih dari beberapa minggu, haruskah sahabat Fimela khawatir hingga tidak bisa tertidur? Jawabannya iya.  Perawatan untuk kulit kering dan gatal bervariasi tergantung penyebabnya.

Reza Jacob, MD, dokter kulit di Scripps Clinic Liberty Station mengatakan kuliy gatal dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi, Bisa jadi karena sesuatu yang sederhana seperti kulit kering, yang biasa terjadi, bisa juga gejala penyakit kulit, seperti psoriasis atau dermatitis.  Bisa juga akibat reaksi alergi, bahkan bisa menjadi efek samping dari obat yang mungkin diminum.

“Selalu yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter jika memiliki kekhawatiran.  Sebagian besar penyebab kulit kering dan gatal memiliki perawatan khusus yang dapat dibantu oleh dokter, ”kata Dr. Jacob melansir scripps.org. 

Banyak kondisi kulit yang menyebabkan gatal.  Kulit kering adalah salah satu yang paling umum.  Ini juga salah satu yang paling mudah untuk diatasi.  Hal ini ditandai dengan kulit bersisik, gatal, dan pecah-pecah, biasanya di tangan, lengan, dan kaki, juga terjadi karena berbagai alasan lingkungan.  Ini lebih sering terjadi selama bulan-bulan musim gugur dan musim dingin ketika tingkat kelembapan relatif rendah. 

Kulit kering juga terjadi karena berbagai alasan internal, orang dewasa yang lebih tua lebih rentan mengalami kulit kering.  Seiring bertambahnya usia, kulit kita semakin tipis dan kering.  Sering mandi atau berendam dengan air panas atau sering menggunakan hot tub juga meningkatkan risiko kulit kering.

Apa perawatan umum untuk kulit kering hingga gatal

Cara yang paling umum untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan pelembap, yang tersedia dalam bentuk krim dan lotion dapat membantu mengembalikan kelembapan ke dalam kulit.  Pelembap yang lebih kental cenderung lebih efektif untuk kulit kering dan gatal. 

“Pelembab mungkin yang dibutuhkan untuk menghilangkan rasa gatal.  Jika pelembap tidak cukup membantu, bisa mencoba krim atau salep antigatal, ”kata Dr. Jacob.

Pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi kulit sensitif yang kering dan gatal serta mengembalikan kelembapan, termasuk: Hindari mandi atau berendam di air panas;  gunakan air hangat, tetap mandi hingga 10 menit atau kurang, gunakan sabun pelembab, oleskan pelembab tepat setelah mandi, basahi kulit kering dengan handuk lembut, hindari menggaruk bagian kulit yang kering, dan gunakan pelembab udara di ruangan rumah dan di kamar tidur.

Cobalah minyak kelapa karena mengandung asam lemak esensial (EFA), minyak kelapa dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi.  Tanyakan kepada dokter tentang menambahkannya ke dalam diet m untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Bisa juga menggunakannya sebagai pelembab dan mengoleskannya pada kulit.

Bisa juga coba Petroleum jelly lembut di kulit dapat menggunakannya untuk menenangkan kulit kering, mulai dari bibir hingga tangan hingga kaki.  Karena sangat aman dan murah,  dapat menerapkannya sesering mungkin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading