Sukses

Beauty

5 Cara Menghilangkan Ketombe yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Rambut ketombe selalu menjadi masalah yang sangat mengganggu penampilan dan menyebabkan kepala gatal. Ketombe merupakan serpihan kulit yang warnanya putih dan keabu-abuan, yang biasanya menempel di rambut dan jatuh di area bahu. Saat rambut berketombe, maka rambut akan terlihat kusam dan gatal di area kulit kepala.

Munculnya ketombe bisa disebabkan karena mengalami penyakit dermatitis seboroik dan dermatitis kontak, yang merupakan peradangan pada kulit kepala. Selain itu, bisa saja jamur tumbuh di kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Jamur Malassezia sp bisa tumbuh di kulit kepala yang lembap dan kotor.

Cara menghilangkan ketombe di kepala ini harus dilakukan dengan rutin. Hindari juga penyebab ketombe di kepala, agar kondisinya tidak terlalu parah. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan mudah:

Cara Menghilangkan Ketombe

1. Rajin Mencuci Rambut

Rajin mencuci harus dilakukan untuk menghilangkan ketombe. Mencuci rambut bisa dilakukan setiap seminggu tiga kali. Pastikan menggunakan sampo anti ketombe, yang mengandung zinc atau asam salisilat (selenium sulfida). Kandungan tersebut bisa menghilangkan ketombe dan mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala.

2. Gunakan Obat Oles Antijamur

Salah satu penyebab ketombe adalah tumbuhnya jamur di kulit kepala. Untuk itu, gunakan obat oles antijamur atau lotion kortikosteroid untuk menghilangkan jamur di kepala. Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum menggunakan obat antijamur untuk kulit kepala.

3. Gunakan Lidah Buaya

Ketombe di kepala bisa disebabkan karena kondisi kulit yang kering akibat alergi. Gunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe di kepala. Oleskan gel lidah buaya secara merata di kulit kepala. Kemudian bungkus rambut dengan handuk hangat selama 1,5jam. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe

4. Minyak Zaitun

Kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe. Minyak zaitun bisa dijadikan masker dan membantu melembapkan kulit kepala. Oleskan minyak zaitun ke area kulit kepala, kemudian pijat-pijat sampai minyak zaitun meresap, diamkan selama 30menit dan bilas dengan air hangat.

5. Minyak Kemiri

Cara menghilangkan ketombe yang terakhir, yaitu menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri sering dijadikan sebagai penyubur rambut, membuat rambut lebat dan menutrisi kulit kepala yang kering. Aplikasikan minyak kemiri selama 30menit sebelum keramas, lalu pijat-pijat sampai minyak meresap dan bilas dengan air hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading