Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan biasa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya. Namun penampilan juga bisa juga dinilai dari wajahmu atau rambutmu.

Mungkin akan jadi masalah kalau rambutmu rontok. Rambut yang rontok memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika rambutmu rontok di pakaian.

Rambut yang rontok itu sebenarnya wajar. Hal ini dikarenakan rambut selalu bertumbuh dan rambut yang lama atau sudah mati akan tergantikan dengan rambut baru. Namun akan jadi masalah jika rambut rontok secara berlebihan atau jumlah helaian yang rontok sebanyak lebih dari 100 helai per hari.

Namun kamu tidak perlu khawatir, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerontokan rambut yang kamu alami. Berikut cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami.

Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengatasi Kerontokan

1. Minyak Kemiri

Mungkin kamu pernah mendengar kalau minyak kemiri punya banyak manfaat untuk rambut. Hal tersebut benar adanya. Minyak kemiri akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak kemiri bisa merangsang rambut untuk tumbuh.

Penggunaan minyak kemiri ini cukup mudah. Cukup oles rata minyak kemiri, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas bersih dengan sampo.

2. Teh Hijau

Tidak hanya minyak kemiri, teh hijau juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok berlebihan. Caranya tidak sulit kok. Rebus tiga kantong teh hijau kemudian gunakan untuk membilas rambut. Gunakanlah 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Yoghurt

Yoghurt rupanya juga bermanfaat untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Cara penggunaannya dengan mengoleskan yoghurt ke kulit kepala secara merata, kemudian biarkan selama 10-15 menit. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Daun Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang ternyata efektif mencegah kerontokan rambut. Caranya dengan membuat pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, lalu saring dan simpan jusnya. Setelah itu, oles jus ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama satu jam dan gunakan sampo untuk mencucinya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

5. Lidah Buaya

Mungkin kamu sudah memahami berbagai manfaat gel lidah buaya untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Ternyata gel lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut juga, terutama untuk mengatasi rambut rontok berlebihan. Cara penggunaannya cukup ambil gel lidah buaya kemudian balurkan secara merata di kulit rambut. Pijat-pijat selama 10-15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Gunakan secara rutin selama 2 kali seminggu.

6. Kentang

Kentang berguna untuk mengatasi kekurangan kalium penyebab kerontokan rambut. Cara menggunakannya mudah, yaitu dengan mengupas kentang, haluskan, lalu peras airnya. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan ke rambut hingga rata. Diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan sampo. Lakukan seminggu sekali agar semakin terlihat hasilnya.

7. Alpukat

Selain nikmat untuk dikonsumsi, alpukat juga bisa mengatasi kerontokan rambut. Kandungan protein pada alpukat sangat efektif menguatkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral lain dalam alpukat juga mampu menutrisi rambut.

Cara penggunannya sangat mudah, yaitu cukup dengan menghaluskan buah alpukat dan balurkan ke seluruh area rambut dan kulit kepala. Diamkan 20 menit kemudian bilas dengan sampo agar bersih.

8. Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin B3, B5 dan B6. Berbagai kandunan tersebut mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan mengurangi rambut rontok. Maka dari itu tidak heran jika menggunakan jambu biji adalah salah satu cara yang efektif.

Untuk menggunakan jambu biji dalam mengatasi kerontokan rambut, yaitu dengan hancurkan buah jambu biji menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk rata dan aplikasikan ke rambut serta kulit kepala. Diamkan 40 menit kemudian pijat kulit kepala perlahan dan bilas bersih dengan sampo.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading