Sukses

Beauty

Diary Fimela: Produk Perawatan Rambut Lokal yang Sukses Jadi Oase bagi Masalah Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok menjadi masalah rambut yang ditakuti semua orang, terutama perempuan. Terjadi kebotakan menjadi hal yang kerap kali menghantui ketika mengalami masalah rambut rontok dalam jangka panjang. Untuk itu, perawatan rambut yang tepat menjadi penting sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut.

Di Indonesia, sudah begitu banyak produk perawatan rambut rontok yang hadir. Meramaikan industri, Varesse hadir sebagai produk lokal yang diklaim dapat mengatasi masalah rambut rontok.

Varesse sendiri hadir dari tangan seseorang yang justru bukan berasal dari industri kecantikan. Adalah Marcella Yanita atau yang akrab disapa dengan Yanita. Sebelum mendirikan Varesse, beliau sempat bekerja di bidang accounting, finance, dan auditor untuk perusahaan-perusahaan besar di Australia dan Indonesia. 

“Berdirinya Varesse dikarenakan pengalaman pribadi yang saya alami. Dulu  saya sempat alami rambut rontok dan saya cobalah hair tonic dari harga yang beragam tetapi tidak ada yang cocok. Akhirnya saya buat hair tonic sendiri, saya pakai untuk pemakaian pribadi dan saya juga berikan ke orang-orang di sekitar saya, ternyata feedback nya bagus. Kenapa tidak dijual saja? Tanya orang-orang di sekitar. Barulah saya mulai consider untuk menjualnya.” Ujar Ibu Yanita. 

 

Bukan berasal dari industri kecantikan

Keberaniaan Yanita mendirikan Varesse bukan cuma karena memiliki masalah rambut rontok. Ia menyadari bahwa kariernya di dunia akuntansi bukanlah jalan yang diinginkannya. 

“Saya merasa passion saya bukan di accounting-finance. Kayaknya saya passion nya lebih cocok dibidang bertemu dengan orang-orang. Saya merasa passion saya lebih ke entrepreneur dibanding professional. Dibanding kerja sama orang, saya lebih senang menjadi entrepreneur yang bisa berkembang dengan bebas, bisa berkreasi, bisa sekreatif mungkin membentuk bisnis dengan kita. Saya juga merasa saya dapat memaksimalkan potensi diri saya ketika saya bekerja sendiri dibanding bekerja untuk orang lain.” tuturnya.

Ia pun memutuskan untuk mendirikan Varesse sebagai produk yang berfokus pada hair-care dan hair-treatment. Didirikan pada tahun 2019, Varesse memiliki visi untuk memberikan awareness bahwa kecantikan dan percaya diri tidak hanya muncul pada penampilan luar diri saja melainkan juga dari dalam diri. Tidak hanya itu Varesse juga memiliki misi untuk memberikan solusi terbaik atasi permasalahan rambut dengan harga yang affordable dan tentunya dengan kualitas yang baik.

 

Deretan produk andalan

Nama Varesse diambil dari Kota Mauritania yang seperti oasis di padang gurun. Hal ini sama dengan memberikan kekeringan sama halnya dengan produk Varesse yang memberikan solusi untuk atasi permasalahan pada rambut. Varesse ini merupakan produk asal Indonesia dan diproduksi di daerah Tangerang lho. Meskipun menggunakan ingredients impor, fokus akan lokal dan asli Indonesianya tetap terjaga.

Ada dua produk andalan Varesse yaitu Serum Shampoo dan Hair Tonic Concentrate. Hair Tonic Concentrate ini mengandung bahan-bahan alami dengan kualitas premium seperti Sophora Angustifolia Root Extract, Panax Ginseng Radix Extract, Horse Chestnut Seed Extract serta kaya akan vitamin seperti Vitamin A (Palmitate), vitamin B5, vitamin B8, vitamin E, vitamin F, dan vitamin H (Biotin).

Tidak kalah dengan hair tonicnya, Varesse Serum Shampoo Hair juga memiliki kombinasi 2 in 1 shampoo dan conditioner yang juga menutrisi rambut. Kedua produk ini aman digunakan untuk pria, wanita, ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak berusia 5 tahun hingga lanjut usia. 

 

 

Ekspansi ke luar negeri

Ternyata Bu Yanita tidak menjalankan Varesse sendirian. Ibu Yanita juga menjalankan bisnisnya bersama sang Ibu. Perbedaan ide, pemahaman, dan pola pikir menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya itu, Varesse juga memiliki tantangan yang dihadapi.

Pada tahun 2019 misalnya, Varesse masih memiliki 1 produk yaitu Hair Tonic Concentrate, dan pada tahun 2022 Varesse launching produk Shampoo & Hair Condition 2-1. Saat itu dengan jumlah produk yang masih terbatas, Varesse melakukan penjualan secara online melalui e-commerce. Untuk lebih memperkenalkan produk Varesse ke masyarakat di tengah gempuran produk perawatan rambut lainnya, Saat ini, Varesse juga melakukan strategi marketing dengan bekerja sama ke toko-toko offline seperti Sociolla, Beauty Haul, KKV, dan Key Collection. 

“Saya kebetulan menjalankan bisnis bersama ibu saya, hal yang membuat challenging adalah bagaimana menyamakan pikiran, tujuan, dari dua generasi yang berbeda. Bagaimana saya bisa meyakinkan ibu saya untuk menerima ide-ide yang saya sampaikan.” ujar Bu Yanita. 

Tidak hanya menjajaki pasar lokal, Varesse juga mulai menjajaki pasar internasional dengan melakukan ekspansi. Di tahun pertama, Varesse sudah mendapat permintaan dari Singapura, Malaysia, dan Australia.

"Untungnya sekarang Indonesia sudah bisa support untuk customer luar negeri misalnya melalui Shopee International Shipping dan Varesse juga dapat melakukan pengiriman ke luar sesuai dengan demand dari customer.” ujar Bu Yanita.

Varesse memiliki tim di luar negeri antara lain Varesse Malaysia, Varesse Singapore, Varesse Philippines, Varesse Thailand, Varesse Vietnam, Varesse Brazil, dan Varesse Mexico.

Pencapaian dan penghargaan

Saat ini produk Varesse telah terjual puluhan ribu botol dengan 4.9 review, tidak hanya itu Varesse juga pernah memenangkan penghargaan Tokopedia Beauty Awards 2022 dan  BeautyHaul Awards 2022, Pencapaian-pencapaian ini tidak membuat Bu Yanita berhenti melainkan tetap terus belajar serta memberikan inovasi pada produk Varesse. 

“Banyak hal yang harus dipelajari, untuk pencapaian saya juga merasa bersyukur. Tetapi masih banyak peluang yang ingin saya gali, ingin saya improve, dan masih banyak hal yang harus saya pelajari serta hal yang harus saya kembangkan untuk Varesse.” ujar Bu Yanita. 

Perempuan di luar sana, cobalah lihat tips ini!

Untuk kamu yang tertarik untuk berbisnis ataupun sedang ingin menekuni bidang dan passion yang kamu minati, ada tips dari Ibu Yanita untukmu. 

“Pertama kenali diri kita dengan baik, strength dan weakness, dan yang terpenting tujuan diri kita sendiri. Mereka juga harus sadar atas keberhargaan diri mereka sendiri karena saya masih melihat banyak perempuan yang masih kurang percaya diri karena saya dulunya sudah pernah mengalami hal ini, mindset nya harus di improve, lihat juga visi kita ke depannya nanti bisa ditarik dan akan lebih jelas untuk menentukan kita mau melangkah ke mana. Selama kita sudah tahu identitas diri kita yang sehat, tujuan yang ingin dicapai, dan diri kita, kita bisa lebih yakin dan akan terarah. Selain itu, pesan saya juga konsistensi adalah hal penting. Ketika menghadapi tantangan saya suka melihat mereka langsung menyerah, perlunya ketekunan dan pantang menyerah atas hal yang dialami.” pesan Bu Yanita. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading