Sukses

Health

5 Perawatan Rumahan untuk Mengurangi Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok merupakan masalah bagi sebagian orang. Penyebab rambut rontok ada macam-macam seperti makanan, gen, stress dan lainnya. Memiliki rambut yang sehat dan penuh membuat kamu menjadi percaya diri dan menjadi pusat dari penampilan banyak orang. Berbeda jika rambut yang mulai menipis atau rontok ini hal yang sangat mengganggu. 

Apakah perlu pergi ke salon untuk melakukan perawatan agar rambut rontok bisa berkurang? Jawabannya tidak perlu. Dilansir dari healthline dan medical news today (24/7) berikut ini adalah perawatan rumahan untuk mengurangi rambut rontok. Simak penjelasannya.

Lindungi rambut saat tidur

Gunakan sarung bantal dari bahan sutra atau satin yang dapat membantu mencegah kerusakan rambut yang disebabkan oleh gesekan, tarikan dan kusut. Selain itu jangan tidur dengan rambut basah karena hal ini dapat melemahkan helai rambut dan dapat menyebabkan rambut rontok. Saat rambut basah, rambut berada dalam kondisi rentan.

Makan protein

Folikel rambut sebagain besar terbuat dari keratin. Penyebab rambut rontok adalah kekurangan nutrisi pada asam amino yang berfungsi sebagai bahan penyusun protein rambut. Kamu dapat mengkonsumsi makanan yang kaya protein untuk membantu mencegah kerontokan rambut. Kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, ayam, produk susu rendah lemak dan kalkun. 

Selalu mencuci rambut

Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi rambut dari kerontokan serta menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat. Gunakan shampoo yang lembut. Formula yang keras pada shampoo dapat mengeringkan dan menyebabkan rambut patah yang membuat rambut rontok. 

Gunakan minyak esensial

Mengoleskan minyak esensial ke kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Kamu bisa menggunakan minyak esensial seperti minyak lavender, minyak peppermint, minyak jojoba dan minyak pohon teh. 

Multivitamin

Vitamin dan mineral yang penting untuk proses pertumbuhan dan membantu mengurangi kerontokan rambut adalah vitamin A,B,C, dan D. Selain itu zat besi, seng dan selenium juga dapat membantu produksi pertumbuhan rambut. Kamu dapat menemukan multivitamin harian di toko bahan makanan atau apotek, jika ingin aman kamu bisa meminta dokter untuk meresepkannya untuk kamu. 

Sahabat Fimela, demikian 5 perawatan rumahan untuk mengurangi rambut rontok. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading