Sukses

Beauty

Tingkatkan Keindahan Kulit, Tips Merawat Kulit agar Tidak Terlihat Kusam

Fimela.com, Jakarta Kulit sehat dan bercahaya adalah impian dari setiap orang dari segala umur. Namun, untuk mendapatkan kulit seperti yang kita dambakan tidaklah mudah untuk didapatkan. Hal ini terjadi karena faktor lingkungan, pola makan, dan perawatan kulit. Permasalahan kulit ini dikenal dengan kulit kusam.

Kulit kusam adalah kondisi dimana kulit terlihat lelah, kering, dan kilau kulit menghilang. Kulit kusam bisa terjadi akibat sinar matahari yang merusak tingkat keelastisitasan dan kekenyalan kulit. Bukan hanya itu, kulit seseorang bisa terlihat kusam juga karena kurangnya kelembaban, dimana hal ini dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan kulit seperti lingkaran hitam, urat benang, dan bintik-bintik tanda penuaan.

Dilansir oleh Healthline.com, seseorang bisa mengalami kulit kusam karena banyak hal salah satunya adalah tembakau. Berdasarkan penelitian yang berjudul Tobacco smoke causes premature skin aging mengungkapkan bahwa merokok adalah salah satu dampak terbesar dari penuaan. Menambahkan, merokok dapat mengganggu jalan produksinya kolagen dan dapat menurunkan produksi kolagen. Dimana kita semua tahu kalau kolagen adalah salah satu kandungan tubuh yang dibutuhkan memperbaiki kulit. Dengan merokok, kulit akan meningkatkan oksidatif pada sel kulit.

Healthline.com menyarankan, kita tidak ingin memiliki kulit yang kusam dan terlihat tua disarankan untuk menghindari faktor-faktor penuaan, seperti kulit kurang kelembaban, kulit dehidrasi, tumpukan sel kulit mati, dan konsumsi tembakau. Melihat ini, FIMELA telah mengumpulkan cara yang disarankan oleh Hindustantimes.com untuk mendapatkan kulit indah.

 

 

Yogurt dan Madu

Dua bahan ini dapat memberikan kekenyalan kulit dan dapat menghindari bahkan memberantas kulit kusam.  Berdasarkan penelitian yang berjudul Honey in dermatology and skin care: a review mengungkapkan bahwa madu memiliki bahan natural yang dapat memberikan nutrisi dan protein yang berguna untuk merawat kulit kering, kulit kusam, eksim, dan psoriasis. Madu juga Akan membentuk terlihat lembut, sejuk, dan montok. 

Sedangkan yogurt dapat membantu menghilangkan kulit kusam Yogen memiliki kandungan tirosinase dan kandungan L-sistein yang terbukti dapat mengatasi flek hitam dan hiperpigmentasi akibat sinar UV.

Cara membuat masker alami yogurt dan madu.

  • Masukan madu secukupnya kedalam wadah, 
  • Campurkan beberapa tetes lemon (opsional),
  • Tambahkan yogurt dan aduk rata, 
  • Oleskan secara merata ke wajah mu dan biarkan selama 10 sampai 20 menit, 
  • Bilas menggunakan air hangat. 

Kopi

Dilansir oleh Bloomrefill.com, kopi dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kulit. Jadi bukan hanya dapat mengurangi kulit kusam, tetapi juga bisa menghindari beberapa permasalahan kulit seperti penuaan, jerawat, dan lain-lain. 

Saat kamu secara rutin melakukan eksfoliasi menggunakan kopi, tindakan ini Membantu mencegah penimbunan kulit mati di bagian terluar dari Waja, membersihkan Pori Pori dan membuat kulit terlihat lebih lembut dan kenyal. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat face scrub.

  • Kopi,
  • Yogurt.

Cara membuat face scrub menggunakan kopi adalah dengan cara:

  1. Ambil ¼ sdt kopi dan campur dengan 1 sdm yogurt.
  2. Ambil campuran tersebut dan pijat lembut ke seluruh wajah dan leher Anda.
  3. Biarkan selama lima menit.
  4. Sekarang, bilas menggunakan air hangat.

Disarankan untuk setidaknya melakukan ini seminggu sekali atau dua kali.

 

 

Aloe Vera dan Kunyit

Apabila kamu mengalami permasalah kulit kusam, masker yang menggabungkan aloe vera, kunyit, dan madu bisa menjadi pilihan yang tepat. Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit dan meratakan warna kulit Anda. Ketika digunakan bersamaan dengan madu, sifat anti peradangan dari lidah buaya akan membantu meredakan kulit dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Bukan hanya itu, Aloe vera dan kunyit juga dapat mengurangi hyperpigmentation tetapi juga melayani berbagai tujuan lain untuk membantu seseorang mendapatkan kulit yang tampak sehat.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker ini,

  • 2 sdm gel aloe vera alami,
  • 2 sdm madu, 
  • 1 sendok teh kunyit. 

Cara membuatnya adalah dengan memasukan semua bahan-bahan kedalam wadah dan kemudian aduk hingga rata. Setelah jadi oleskan masker ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading